9 Jenis Kambing Yang Menghasilkan Susu

Jenis kambing penghasil susu – Dalam beternak kambing ada banyak sekali tujuan yang ingin dicapai, seperti memanfaatkan, daging, susu, kotoran, kulit dan lain lain. Untuk beternak kambing sebaiknya rencanakan tujuan akhir yang akan dicapai. Jika anda ingin beternak kambing yang bisa menghasilkan susu pilihlah kambing yang tepat, karena tidak semua jenis kambing dapat menghasilkan susu. Keuntungan dari beternak kambing yang menghasilkan susu adalah selain mendapatkan susu juga mendapatkan dagingnya. Dan ini lah jenis kambig yang menghasilkan susu :

Kambing Etawa.

kambing etawa
Kambing Alpines.

Kambing Alpines
Kambing Saanen.

Kambing Saanen
Kambing Toggenburg.

Kambing Toggenburg
Kambing Anglo-Nubian.

Kambing Anglo-Nubian
Kambing Beetal.

Kambing Beetal
Kambing appenzell.

Kambing appenzel
Kambing Pygmy.

Kambing Pygmy
Kambing Bionde Dell’adamello.

Kambing Bionde Dell'adamello

Jenis kambing diatas adalah kambing penghasil susu yang dapat diternakkan, Tetapi tidak semua kambing diatas dapat dikembang biakkan di Indonesia ada beberapa jenis kambing tersebut yang tidak ada di indonesia. Yang paling populer dikembangbiakkan di indoneisia sebagai kambing penghasil susu adalah jenis kambing etawa.

Selain difungsikan sebagai kambing penghasil susu, jenis kambing diatas juga biasanya digunakan untuk kambing pedaging apabila stok kambing pedaging disebuah daerah kehabisan stok.

Memelihara jenis kambing penghasil susu sedikit berbeda dengan memelihara jenis kambing pedaging biasanya. Karena jebis kaming ini tidak hanya memerlukan asukan makanan yang cukup tetapi semua nutrisi yang dibutuhkan harus terpenuhi, untuk menghasilkan kualitas susu yang bagus.

Manfaat dari susu kambing jika dikonsumsi manusia yaitu

  1. Dapat memperbaiki sistem pencernaan dalam tubuh
  2. Menyehatkan kulit
  3. Dapat menyembuhkan penyakit TBC dan Asma
  4. Menguatkan tulang
  5. Menurutkan berat badan dan masih banyak lagi manfaat yang diperoleh jika mengkonsumsi susu kambing

Populasi jenis kambing penghasil susu di Indonesia kebanyakan yaitu kambing etawa seperti yang sudah saya tuliskan diatas. Tetapi juga tidak sedikit dari peternak kambing di Indonesia memilih kambing beetal untuk dijadikan kambing peghasil susu.

Baca juga Majukan Peternakan Indonesia Bersama Ilmuhewan.com

 Itulah beberapa jenis kambing penghasil susu yang dapat saya bagikan nama namanya kepada pembaca danuadji.com Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share. Baca juga cara membuat pakan ternak kambing dengan cara fermentasi

loading...

2 Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *