Program Panca Usaha Tani Dan Sapta Usaha Tani

Panca Usaha Tani – Merupakan suatu semboyan yang kala itu muncul pada saat Mbah Soeharto menjabat menjadi presiden Republik Indonesia, alasan dibuatnya semboyan tersebut yakni Mbah Soeharto mempunyai cita-cita agar Indonesia menjadi negeria kaya akan swasembada pertanian yang berkualitas dan baik, untuk memenuhi kebutuhan pokok terutama beras, sayur dan buah buahan, dengan mengguakan metode panca usaha tani.

Lalu apa sebenarnya pengertian panca usaha / bisnis tani ?

“Suatu usaha atau progam untuk meningkatkan hasil panen”. Dalam panca usaha tani ada 5 usaha yang harus di jalankan untuk memperoleh hasil panen yang maksimal dan berkualitas.

1. Pemilihan dan Penggunaan Bibit Unggul

bibit-unggul

Sebelum kita memanfatkan lahan prtanian, pilih bibit top merupakan perihal terpenting, sebab bibit yg bagus dapat membuahkan panen yg bermutu, & lebih tahan pada peyakit & hambatan yang lain, juga meningkatkan hasil produksi. Baca serta Trik pilih bibit top yg baik.

2. Pengolahan Lahan Tanah Yang Baik

pengolahan-tanah-yang-baik

“Tanah yg baik yakni tanah yg dapat sediakan unsur-unsur hara dengan cara komplit. Tidak Hanya mesti mengandung zat organik & anorganik, air & hawa, yg tak kalahmutlak merupakan pengolahan tanah yg bertujuan memperbaiki struktur tanah. Tanah yg gembur akibat pengolahan mempunyai rongga-rongga yg pass buat menaruh air& hawa. Keadaan ini pula menguntungkan bagi mikro organisme tanah yg berperan dalam proses dekomposisi mineral & zat organik tanah.” source yahoo.com Baca pula kiat pengolahan tanah yg baik.

3. Pemupukan Yang Tepat

pupuk

Dalam faktor ini kita di tuntut buat memberikan pupuk terhadap proses pertanian kita. Takaran & saat yg cocok amat di anjurkan. Proses pemupukan yg pas ini memilikimaksud juga sebagai pengganti unsur hara yg hilang terbawa panen volatilisasi, pencucian, fiksasi, & sebagainya. Maka tanah dapat subur kembali & proses pertaniandapat baik. 

4. Pengendalian Hama / Penyakit

hama penyakit

Dari sejak mulai pertanian di bangun hingga kini, Masalah para petani yg mesti senantiasa di hadapi yakni hama/penyakit. utk itu aku menginginkan petani indonesiasupaya lebih bijak dalam mengendalikan hama/penyakit. Tidak terus melulu memakai proses kimiawi, dikarenakan hasil pun tak senantiasa efektif & dapat merusak pertanian kita, ada sekian banyak trik yg lebih relavan kepada alam, contohnya seperti system mekanis & sinitasi lingkungan atau ekologi. Terlalu terburu buru-terlalu mengandalkan obat kimia dapat merusak proses panen di musim yg mendatang.

5. Pengaturan Irigasi Atau proses Penyiraman pada Proses pertanian

Pengairan-yang-baik

Bagaiman tanaman bakal hidup maksimal seandainya pasokan air tak maksimal, Air merupakan nyawa suatu tanaman. Di usahakan dalam proses pengairan ini, sepenuhyayaitu tanggung jawab para petani yg mengelola, janganlah cuma di biarkan saja, dikarenakan dapat berdampak tidak baik apabila terlampaui berlebih. & kita mampumemanfaatkan System Irigasi pengairan air permukaan, pengairan air bawah tanah, pengairan pompa & pengairan tambak.

ada lagi yang di sebut sebagi sapta usaha tani, apa itu sapta usaha tani?

Sapta usaha tani adalah lanjutan isi dari panca usaha tani. Jika di panca usaha tani menjelaskan tentang pengolahan lahan dan sampai perawatan saja, sedangkan sapta usaha tani menjelaskan secara umum mengenai penanganan pengolahan panen dan pengolahan hasil panen.

Berikut adalah poin yang di tambahkan sehingga menjadi sapta usaha tani :

6. Pasca Panen

Pasca panen

Apapun yg tertanam tentu dapat ada akhirnya. Sesudah kita melintasi proses pemilihan bibit, pengolah tanah & perawatan tanaman, yg kita tunggu tunggu yakni hasil panen bukan ? Pemilihan bibit & perawatan yg bagus dapat membuahkan buah yg maksimal & berkwalitas. Pascapanen ialah step penanganan hasil tanaman pertanian serentak sesudah pemanenan. Penanganan pascapanen mencakup pengeringan, pendinginan, pembersihan, penyortiran, daya simpan, & pengemasan. Namun ada banyak sekali petani indonesia yg bingung sesudah pasca panen. Terutama terhadap perawatan hasil panen yg condong dapat cepat membusuk. Baca arikel Arahan mengolah hasil panen biar tak langsung membusuk.

7. Pemasaran Hasil Panen

pasar panen

Makin bermutu hasil panen yg kita temukan, sehingga dapat makin enteng bagi kita buat memasarkan, Sebab bakal lebih banyak orang pilih hasil panen yg berkwalitasdari terhadap yg biasa biasa saja. Tapi ingat, tak seluruhnya petani sanggup memasarkan jadi kita perlu kabar lebih rincian mengenai pemasaran hasil panen terlebihdalam jumlah tidak sedikit. Baca serta Kiat memasarkan hasil panen yg melimpah.

Baca juga artikel ini : Agroteknologi.web.id Sumber Informasi Pertanian Indonesia

Dan pemasaran yang tepat akan memberikan keuntungan berlipat bagi kita di masa yang akan datang.

Sekian informasi tentang panca usaha tani dan semoga bermanfaat, Saya mengumpulkan informasi ini dari beberapa sumber.

maaf kalau gambarnya acak acakan, karena menurut saya panca usaha tani dan sapta tani tidak di fokuskan untuk tanaman padi saja, tetapi untuk tanama lainnya juga.

Terimakasih telah berkunjung

Ada saran untuk artikel baru ?

Di tunngu komentarnya 🙂

Jangan lupa share

Baca Juga Artikel Ini:

loading...

6 Comments

  1. Diaz taufik ramadani Dan Aditya Pradana Putra

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *