Peluang usaha 28 Jenis Hewan Ternak Menguntungkan

Jenis hewan ternak yang menguntungkan – Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, mulai dari laut, dan buminya. Indonesia juga mendukung masyarakatnya untuk beternak. Karena letak geografis Indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu panas dan hujan. Hampir semua hewan ternak akan bisa hidup terhadap musim tersebut. Hewan ternak yang hidup di Indonesia umunya hewan adalah jenis hewan yang dapat dijadikan sebagai ladang bisnis.

Indonesia saat ini membutuhkan lebih dari 10.000 pengusaha baru untuk membantu meningkatkan perekonomian masayarakat Indonesia. Karena sampai saat ini pengusaha yang ada di indonesia baru mencapai 2% dari seluruh total jumlah penduduk indonesia. Salah satu pengusaha yang dibutuhkan di Indonesia adalah pengusaha ternak. Potensi untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari usaha ternak sangat menjanjikan. Pasar indonesia saat ini masih mengimpor daging ternak dari berbagai negara untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat indonesia, selain itu sedikitnya pengusaha ternak di indonesia membuat harga daging sapi maupun daging jenis lainnya menjadi lebih tinggi.

Artikel ini tidak hanya membahas menganai ternak sapi maupun ternak kambing, namun membahas berbagai jenis hewan ternak yang berpotensi menghasilkan untuk yang besar bagi pengusaha peternak. Umunya para pengunjung mengetikan kata kunci jenis hewan ternak menguntungkan untuk menuju ke artikel ini.

bisnis-ternak

Peluang usaha ternak hewan yang menguntungkan itu apa saja ?

Sebagai anak agribisnis, saya berharap tulisan ini mampu membuat para pembaca keluar dari zona kebingungan mengenai ide peluang usaha ternak, karena usaha ternak tidak melulu lele ayam, sapi dan kambing saja.

Inilah contoh segelintir peluang usaha dari jenis ternak menguntungkan yang bisa dilakukan di rumah.

1. Ternak Sapi

Sapi adalah sejenis hewan yang memakan rumput, jenis ternak ini masih sangat populer di Indonesia. Untuk mewujudkan peraturan harga daging sapi menjadi 80 ribu, haruslah diperbanyak para peternak sapi indonesia. Hal ini juga dapat mengurangi dampat impor daging dari luar negri.

2. Ternak Ular Kobra

Ternak ular menjadi pilihan yang tepat untuk anda pencinta reptil, harga ular kobra per ekor juga lumayan mahal yaitu 600.000 sampai 1.500.000. Bisnis ini tergolong jarang di lakukan di Indonesia, mungkin karena pasar jualnya di Indonesia kurang bagus. Namun di luar negri jenis ternak seperti ini sudah sangat di kembangkan. Jika anda tertarik tidak ada salahnya untuk mencoba, pasar jualnya bisa menggapai kepasar ekspor.

3. Ternak Burung

Untuk ternak burung, seseorang hanya perlu memiliki sedikit keahlian saja, yaitu tau kondisi yang dirasakan burung dan rajin untuk memberi pakan. Ternak burung masih menjadi trend di Indonesia dan harga jual burung juga masih relatif stabil. Burung yang yang menghasilkan untuk yang besar yaitu ternak burung kace, murai batu, love bird (burung cinta). Anda juga bisa beternak burung seperti BEO dan Jalak Bali namun anda harus memiliki surat izin dari pemerintah sebelum mulai ternak burung tersebut.

4. Ternak kambing

Kambing adalah sejenis hewab herbivora atau bisa disebut pemakan tumbuh-tumbuhan, usaha ternak kambing ini juga menjadi alternatif usaha setelah ternak sapi, usaha ternak kambing tidak terlalu rumit seperti memelihara sapi. Namun keuntungan yang didapatkan juga lumayan besar. Baca artikel Cara ternak kambing menguntungkan | Cara membuat pakan ternak kambing alternatif | Jenis jenis kambing penghasil susu

Baca juga Majukan Peternakan Indonesia Bersama Ilmuhewan.com

5. Ternak Ayam petelur

Peternak ayam petelur sama seperti peternak hewan lain yang hidupnya jauh dari pemukiman warga atau di kota. Konsumsi telur di indonesia semakin hari semakin meningkat, bukan hanya dimakan oleh masyarakat namun dijadikan menjadi produk yang lebih bernilai harganya seperi mayones dan lainnya. Usaha ayam petelur tergolong mudah, karena hanya memberikan makan dan perawatan sederhana. Tidak perlu untuk mengeluar dan memasukkan ayam kedalam kandang.

6. Ternak Ayam Negri

Jenis peluang usaha ini masih banyak dilirik pengusaha muda, namun tidak sedikit juga pengusaha yang angkat kaki dari jenis usaha ini, mungkin karena belum tau cara mengelolanya. Negara ini masih membutuhkan ayam negri / yang biasa disebut ayam potong dengan jumlah yang banyak, untuk menyuplai restoran hotel dan tempat kuliner lainnya. Tidak sedikit dari mereka yang mampu bertahan di bisnis ini akhirnya mendapatkan kesuksesan yang luar biasa.

7. Ternak Ayam Kampung

Beda dengan ternak ayam negri, jika ternak ayam kampung membutuhkan waktu yang lebih lama. Banyak orang yang menyukai daging ayam ini. Tetapi orang yang menjualnya hanyalah peternak tertentu saja. Untuk penyemangat saja, dalam berternak ayam kampung sebaiknya juga beternak ayam bangkok. Kenapa begitu? Jika kita memelihara ayam bangkok ruang lingkup pasar kita akan semakin luas. Orang yang hobi ayam bangkok atau petarung biasanya memiliki relasi teman yang sangat banyak dan mudah untuk diajak menjadi partner berbisnis.

8. Ternak Jangkrik

Semakin banyak pengusaha ternak burung, semakin banyak konsumsi jangkrik yang dibutuhkan. Saat ini tidak hanya pengusaha burung saja yang membutuhkan pakan ternaknya dari jangkrik, namun orang yang hobi burung juga membutuhkan jangkrik sebagai pakan burung peliharaannya. Kenapa mereka memilih jangkrik sebagai pakan burungnya? protein yang ada dalam jangkrik baik untuk pertumbuhan burung peliharaan, apalagi untuk burung yang di ikutkan kontes.

9. Ternak Ikan Lele

Ternak lele juga menjadi andalan pengusaha pemula. Karena bisnis ini tergolong mudah dan murah. Hanya memerlukan waktu tidak kurang dari 3 bulan lele sudah siap untuk dipanen. Jika proses budidayanya dilakukan dengan cara yang modern waktu yang dibutuhkan untuk panen akan lebih cepat. Saya belum tahu kenapa sampai saat ini pasokan lele di suatu daerah selalu kurang, contohnya adalah kota Yogyakarta. Peternak lele asli dari jogja belum mampu memenuhi permintaan konsumsi lele di kota sendiri, akhirnya pemasok dari luar daerahlah yang sanggup memenuhi kebutuhan konsumsi lele tersebut.

10. Ternak Ikan Nila

Ikan nila bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan untuk anda. Ikan nila suka dan cocok hidup di air yang mengalir. Harga jual ikan nila juga lumayan mahal jika sudah sampai dipasar. Tidak usah takut dari mana pembeli ikan nila yang akan anda kelola, banyak restoran hotel yang membutuhkan jenis ikan ini asalkan anda mampu memberikannya secara kontiniu atau berkelanjutan.

11. Ternak Ikan Gabus

Ikan gabus dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Protein dan kandungan vitamin lainya juga baik untuk pertumbuhan anak anak. Banyak dari pengusaha kuliner yang membutuhkan ikan jenis gabus untuk dijadikan sebuah kue, dan produk makanan lainnya yang bisa dimakan langsung ketika sedang ada diperjalanan. Selain untuk menyuplai pengusaha kuliner, permintaan gabus dipasaran juga masih cukup banyak.menyembuhkan berbagai macam penyakit

12. Ternak Cacing

Saya pernah baca artikel kalau bisnis cacing tanah itu untungnya sangat besar, dan informasi yang saya dapat ada yang mencapai 300 juta perbulan. Namun untuk banyak dan luas lahan yang diperlukan saya kurang tahu. Pasar dari usaha ini adalah mencakup pasar ekspor, biasanya di jepang dan belanda.

13. Ternak Belut

Peminat belut adalah orang orang tertentu saja, itu yang membuat harga belut menjadi mahal. Tidak semua orang bisa membudidayakan belut. Jika anda merasa mampu untuk membudidayakannya segera lakukan saja. Pasar dari penjualan belut juga menembus pasar ekspor.

14. Ternak Keong

Di kalangan petani, keong adalah hama penyakit, tapi di kalangan ilmuan atau medis, keong adalah obat yang sangat bagus untuk beberapa penyakit pada manusia. Semakin hari keberadaan keong disawah semakin sedikit, Ini bisa menjadi peluang untuk anda membudidayakan keong. Penjualannya juga sudah masuk pasar ekspor.

15. Ternak kroto

Jaman dulu untuk mendapatkan kroto tergolong mudah karena alam sudah menyediakan. Namun mengikuti perkembangan jaman kroto yang ada di alam sudah kian menipis. Potensi ternak kroto untuk mendapatkan keuntungan yang besar sangat tinggi. Di tandai banyaknya pabrik pakan burung yang membutuhkan kandungan kroto alami untuk pencampuran produk yang ingin dihasilkan. Baca artikel juga cara ternak kroto

16. Ternak Bebek

Daging bebek sangat di sukai banyak orang, selain anda ternak bebek anda juga akan mendapat telur telur bebekk yang bisa anda buat sebagai telur asin. Menyelam sambil minum air. Harga daging bebek pun relatif masih mahal. Jika dilihat, sangat jarang sekali orang yang membutuhkan bebek. Namun jika anda sudah terjun di dunia bisnis peternakan bebek, anda tidak akan mengira bahwa ternak bebek sangat menguntungkan.

17. Ternak Kelinci

Peminat kelinci bukan hanya untuk dikonsumsi namun juga untuk dipelihara lagi bagi orang yang hobi dengan binatang ini. Harga kelinci untuk di konsumsi mungkin lebih murah dari pada kelinci untuk dipelihara, namun semurah murah nya harga kelinci, masih lebih mahal dibandingkan jenis hewan ternak kecil lainnya. Keuntungan untuk bisnis ternak kelinci relatif tinggi. Tidak disangka sangka, permintaan kelinci biasanya adalah dari luar daerah.

18. Ternak marmut

Beda dengan kelinci, bertenak marmut tergolong lebih mudah dan cepat, namun harga jualnya juga lebih murah. biasanya marmut untuk di pelihara lagi dan juga dikonsumsi. Jenis makanan yang sudah jadi dari marmut biasanya adalah sate.

19. Ternak Tokek

Untuk mendapatkan tokek tokek yang bagus, biasanya penjual ternak bisa membuat sebuah penangkaran tokek, dimana awal mulanya tokek di ambil atau didapat dari hutan liar, lalu dimasukkan dalam kandang penangkaran. Setelah itu, sebelum di jual biasanya harus di pilih terlebih dahulu antara yang besar dan yang kecil.

20. Ternak Udang

Udang sendiri biasanya dibudidayakan oleh peternak yang berdomisili hidup di pinggiran pantai. Udang samapai saat ini masih menjadi kebutuhan yang sangat diminati oleh pasar. beternak udah membutuhkan modal yang lumayan besar, namun keuntungan yang didapat juga sepadan. Ternak tidak ada matinya, karena udang itu makanan faforit kebanyakan orang, selain peminatnya banyak, harga udang juga relatif mahal.

21. Ternak Ikan Arwana

Siapa sangka dan tidak pernah menyangka selain harganya yang melejit sampe kelangit, ikan arwana juga di percaya sebagai ikan pembawa rejeki yang melimpah. Harga ikan arwanan yang tidak memiliki cacat dan mempunyai standar tertentu bisa sampai 1 milyar rupiah. Namun jangan memikirkan harga segitu, ikan arwana juga dipercaya membawa rejekin bagi orang yang membudidayakannya.

22. Ternak Ikan Kakap

Ikan kakap mempunyai pasar yang cukup bagus, yaitu orang orang yang memiliki banyak uang. Harga semangkuk kepala ikan kapa bisa dihargai 75 ribu hingga 150 ribu. Jangan dilihat dari itunya, namun sampai saat ini kebutuhan ikan kakap untuk memenuhi permintaan pasar masih sangat kurang. Anda bisa berkonsultasi dengan hotel atau restoran terdekat untuk memasarakan jenis bisnis ini.

23. Ternak Burung Puyuh dan Di Ambil Telurnya

Untuk mebudidayakan burung puyuh sebaiknya dilakukan didaerah yang jauh dari pemukiman, karena polusi yang dihasilkan dari hewan ternak ini sangat menyengat. Selain menjual telur burung puyuh, anda juga bisa membudidayakan burung puyuh untuk dijual. Karena permintaan bibit burung puyuh sampai saat ini masih cukup banyak.

24. Ternak Ulat Sutra

Umumnya jenis ternak ini dibudidayakan di daerah yang mempunyai suhu udara yang dingin. Harga jual dari sutra yang dihasilkan cukup mahal. Pasar dari hasil budidaya ulat sutra sangat luas sekali hingga menjangkau pasar seluruh dunia.

25. Ternak Belatung

Belatung saat ini menjadi salah satu obat mujarab untuk penyandang penyakit diabetes. Biasanya dikombinasikan menjadi sebuah pil oleh para pakar obat. Selain itu, belatung juga bisa menjadi pakan burung dan ikan yang permintaanya masih sangat banyak di negara Indonesia.

26. Ternak Lebah Madu

Lebahnya harganya mahal, madunya juga mahal, untung 2x lipat. Ternak lebah madu harus memperhatikan suhu dilingkungan sekitar. Karena suhu lingkungan sangat mempengarui madu yang dihasilkan oleh lebah. Coba cari tahu informasi lengkapnya di google.

27. Ternak Lintah

Lintah masih menjadi ternak yang menjanjikan. Sampai akhir hayat tim medis masih terus memerlukan air liur lintah untuk cairan obat suntik. Jika beternak lintah anda harus memiliki modal yang cukup banyak untuk menyiapkan makanan lintahnya. Pasar dari usaha ini adalah menembus sampai dunia.

28. Ternak Burung Walet

Paling gampang ternak burung walet, tinggal siapkan gedung dan perlengkapan yang dibutuhkan seperti son khusus untuk memanggil burung walet. Setelah itu tinggal menunggu samapi air liur burung walet siap dipanen. Modal dari bisnis ternak walet sangat besar. Tantangan memulai usaha ini tidak hanya pada modal uang namun juga terhadap lengkungan warga sekitar. Perlu dilakukan perjanjian perjanjian tertentu agar bisnis ini bisa berjalan.

Itulah beberapa jenis hewan ternak yang menguntungkan. Untuk dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal pastinya perlu kerja keras dan kerja cerdas. Jalankan bisnis diatas dengan fokus dan cari mentor usaha agar bisnis yang akan anda mulai cepat berkembang sesuai dengan keinginan. Pemerintah sangat mengarapkan para pengusaha mau bergabung bersama untuk membangun perekonomian negara ini. Jika usaha anda sudah berjalan jangan lupa untuk konsultasikan kebutuhan pemerintah terhadap produk yang anda hasilkan.Efeknya bisnis yang anda kelola akan lebih cepat maju apabila maju bersama pemerintah.

Artikel peluang usaha ini dicari dengan kata kunci :, usaha ternak, usaha ternak menjanjikan, ternak apa yang mudah, bisnis ternak, sapi potong, ternak kambing menguntungkan, bisnis hewan ternak modal kecil. cara ternak love bird, pakan hewan ternak, minuman hewan ternak.

loading...

8 Comments

    • me
    • me

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *