3 Hal Penting Yang wajib Kamu Persiapkan sebelum kuliah

Persiapan kuliah – Untuk kamu yang ingin kuliah, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan dari sekarang. Karena kuliah itu membutuhkan tenaga yang ekstra. Tetapi kebanyakan calon mahasiswa jarang peduli dengan kerasnya hidup di dunia perkuliahan. Ntah apa yang di pikirkan aku juga ndak tau. kuliah buat nyari jodoh, atau nyari ilmu atau apalah terserah. Semua itu pilihan. sedikit ungkapan “Ya kalo kampus kamu mayoritas orangnya udah pada modern, dengan kondisi yang sekarang ini mungkin kamu akan lebih mudah untuk beradaptasi, coba aja kalo kamu dapet kampus yang mahasiswanya masih primitif. Keok deh kamu, Mampus ! di bully terus ! sampe stress ! hahaha becanda ” curhat 🙁

Kali ini saya ingin berbagi mengenai 3 poin penting untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia perkuliahan, apa lagi dengan berkembangnya teknologi informasi sekarang ini, hampir seluruh kampus di indonesia sudah menerapkan pembelajaran dengan komputer. Bukan hanya itu, peradapan dunia perkuliahan yang semakin modern, dan menuntut kamu untuk lebih kreatif dalam menjelajah dunia, agar tidak ketinggalan informasi terupdate.

Mental !

persiapan kuliah

mental harus kuat

Kamu disini harus siap mental ! karena kondisi pada saat masa kamu sekolah di SMA/SMK atau kamu yang dulu pernah SMA dan kerja dulu sebelum melanjutkan kuliah, itu semua sangat berdeda. Bedanya apa ? di setiap sudut ada cowok ganteng. Hanya itu saja si bedanya.

Shock yang sering mahasiswa baru alami adalah seperti kangen emak, kangen bapak, kangen adek, kangen pacar, kangen bude, kangen pakde, kangen paman, kangen bibik, kangen kakek, kangen nenek, kangen tetangga, kangen temennya tetangga, kangen anaknya ponakan, kangen adeknya adek ponakan, dan sebagainya. semuanya di kangenin lah pokoknya. Biasanya mahasiswa juga merasa kesepian karena dulu sering terbiasa dengan hidup yang punya banyak teman dekat di sekelilingnya. merasa kualahan ketika mengerjakan tugas kuliah yang begitu banyak. harus mengenal bahasa budaya dan lingkungan yang baru, dan merasa hidup ini kejam bagi mereka yang bingung.

Agar kamu gak shock kayak cerita ngawur di atas saya punya sedikit pengalaman yang bisa mengalahkan hal tersebut

  1. Sebelum kamu memutuskan untuk kuliah, berlatihlah beradaptasi dengan lingkungan baru yang bisa kamu jangkau jaraknya, dari rumah kamu
  2. Ketika kamu memilih tempat tinggal di dekat kampus, pilihlah tempat tinggal yang sekiranya sangat nyaman untuk hari harimu, itu akan membuatmu lebih merasa bahagia ketika kamu harus masak sendiri, makan sendiri, nyuci sendiri.
  3. Berusahalah terbuka dengan teman baru kamu, cari teman sebanyak banyaknya. karena dengan memiliki banyak teman, kamu pasti akan merasa memiliki pelindung dan tidak kesepian.
  4. Pastikan kamu sudah siap akan adanya tugas dengan metode yang sangat berbeda saat kamu masih di bangku SMA. latihlah kemampuan kamu menggunakan komputer dan tentunya latih juga kreatifitas kamu untuk mencari informasi tentang apa saja dengan internet. Itu akan membantu saat kamu mempunyai banyak tugas dari kampus.
  5. Jangan diem aja di kamar, minimal kamu harus sering ketemu dan beradaptasi dengan lingkungan di sekitasr tempat tinggalmu selama kamu masih membutuhkan perhatian dari masyarakat.
  6. Kalo gak mau bingung dengan hari harimu di kost, ikutilah UKM atau kegiatan apa aja di kampusmu, saya sarankan satu aja, agar tidak menggangu kuliah, dan pilihlah kegiatan yang sesuai dengan minat kamu. Tapi kalo kamu mental pengusaha, kamu akan membuat kegiatan sendiri tanpa harus merasa bingung.

Alat perang !

danu adji

senjata kuliah

Tidak hanya seorang TNI saja yang bisa perang ! tapi mahasiswa juga bisa perang, dalam memenuhi syarat persiapan kualiah mahasiswa wajib memiliki alat perang !

  1. Kamu membutuhkan seperangkat alat tulis agar kamu bisa menulis
  2. kamu membutuhkan baju kemeja dan celana panjang untuk pergi ke kampus
  3. kamu membutuhkan smartphone agar informasi yang kamu dapat lebih up to date
  4. kamu membutuhkan leptop untuk membantu mengerjakan tugas
  5. kamu membutuhkan buku untuk menulis percakapan dosen bila perlu
  6. kamu membutuhkan flashdisk untuk menyimpan data sementara ” sangat penting “
  7. beberapa surat keterangan dari kampus untuk kepentingan study kamu.

Yang sangat saya rekomendasikan untuk pertama kali kamu masuk kuliah yaitu alat tulis, buku, dan falshdisk.

Sebenarnya masih banyak lagi perlengkapan kuliah yang kamu butuhkan. Tapi kamu akan mengetahui sendiri setelah kamu menjalani masa perkuliahan.

Pencapaian

pencapaian

target harus tercapai

Untuk poin ini saya tidak bisa terlalu memberi komentar banyak, karena di masa masa saat masuk kuliah adalah masa yang penuh dengan ke bimbangan jika harus memutuskan untuk membuat pencapaian tentang cita cita dan hidupmu yang akan datang. Tapi tidak ada salahnya jika kamu mulai memikirkan hal ini dan pastikan kamu belajar tanggung jawab atas pilihanmu. (“pencapaian dalam lingkup besar”) Dan dengan berjalannya waktu, kamu akan bisa memutuskan dengan sendirinya. untuk pencapain kecil, sepertinya kamu harus memastikan bahwa kamu membuat pencapaian itu. Contoh pencapain kecil dalam kuliah adalah :

  1. Kalo pengen dapet IP yang bagus ya harus rajin belajar
  2. kalo pengen dapet prestasi di bidang olahraga ya kamu harus aktif di ekstra olahraga
  3. kalo pengen dapet pengalaman berbisnis ya gak ada salahnya ikut UKM atau mengelola bisnis sendiri
  4. kalo pengen dapet gelar ketua BEM ya aktiflah di kegiatan bem, dan buat orang suka dengan kerja kamu.

Saat kamu kuliah, minimal kamu harus mempunyai pencapaian agar gelar mahasiswa yang ada di tubuhmu semakin berkualitas.

Artikel Persiapan kuliah ini berasal dari pengalam, opini, dan gosip.  Jadi buat kamu yang membuthkan informasi ini bisa di catet. Terutama untuk persiapan mental. mental sangat berpengaruh sekali dalam kamu menjalai hidup sebagai mahasiwa, apa lagi yang ngekost. Pokoknya yang paling penting mental ! Kalo mental kamu siap, apa pun yang kamu hadepin pasti kamu akan bisa melewatinya.

Jangan Lupa share di media sosial kalian, mana tau temen kamu lebih membutuhkan :v

Baca Juga Artikel Ini:

loading...

One Response

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *