9 Kesalahan Bisnis Yang Sering DI lakukan Oleh Pemula

Konsep dasar agar bisnis berjalan dengan baik dan berhasil adalah pemimpin yang mampu menyetir bisnis tersebut. Banyak sekali perumpamaan bagi mereka yang masih pemula, dan anda bisa menyimpulkan sendiri. Perumpamaan dari saya yaitu, ketika baru belajar untuk berjalan, pasti jatuh bangun jatuh bangun terus. Itu juga yang terjadi pada wirausahawan pemula.

Disamping konsep dasar tersebut, sebuah bisnis akan bisa bertahan lama jika pemimpinnya mempunyai jiwa yang kuat dan tahan banting. Banyak sekali pengusaha muda yang sangat lemah untuk poin ini, walaupun begitu tidak ada alasan untuk mengungkapkan bahwa pengusaha pemula tak memiliki rencana dan inovasi yang lebih baik dari pada pengusaha yang sudah berakar.

kesalahan-bisnis

Kesalahan yang sering di alamai oleh pengusaha pemula sangatlah wajar, dan pernyataan tersebut sudah sering dikatakan oleh pengusaha pengusaha sukses. dan ada pepatah yang bilang kegagalan kegagalan yang anda temukan, akan menjadi sukses untuk anda jika anda terus berjuang dan bertahan.

Keselahan kesalahan berikut dapat kita pelajari melalui tulisan ini:

1. Terlalu Berambisius Membuat Produk

Memang sangat mudah mendapatkan pembeli, jika anda sudah terkenal dan produk anda terbukti bagus kualitasnya. Kebanyakan dari pengusaha pemula menganggap produknya laku terjual. Oke, mungkin anggapannya benar produk anda memang berkualitas, tapi jika anda pengusaha baru dan belum mempunyai reputasi yang baik di masyarakat, mana mungkin ada orang yang langsung bisa percaya dengan produk anda. Dan ini yang mengakibatkan pengusaha gulung tikar karena sudah terlalu banyak mengeluarkan modal tetapi produk menumpuk. kendala dalam poin ini adalah, anda harus lebih memperhatikan prospek dan kemampuan bisnis anda sebelum anda memutuskan untuk menghambur hamburkan modal untuk membuat produk.

2. Ingin Cepat Mendapatkan Keuntungan Yang Besar

Banyak dari pengusaha muda yang berambisi untuk mendapatkan keuntungan setelah hari itu mereka menjual produknya, perlu di ketahui, sudut pandang yang seperti itu adalah sudut pandang pedagang, bukan pengusaha. Pengusaha yang baik memiliki sudut pandang memilih untuk rugi terlebih dahulu, tetapi perlu di ingat, bahwa tujuan pembuat bisnis adalah mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnyam entah itu keuntungan secara finansial ataupun keuntungan secara sosial.

3. Gampang Terprofokasi

Pengusaha pemula gampang sekali untuk di profokasi, misalnya begini, Jika si Budi menjual produk sepatu, dan sudah stok banyak, tetapi produk tersebut susah sekali untuk terjual atau Budi susah mendapatkan pembelim dan dikala budi duduk melamun melihat peluang jualan kaos laku keras, Budi pun ikut berjualan kaos, tapi barang dagangan kaos budi pun sedikit yang beli, dan budi mencoba peluang lagi jualan cendol, dan seterusnya. Dan pada dasarnya pengusaha pemula masih banyak kebimbangan untuk memulai sebuah bisnis, dan hal ini sangat wajar. Tetapi alangkah baiknya, anda jangan masuk ke lobang yang sama berkali kali.

4. Sering Mengeluh

Baca Juga Artikel Ini:

  1. Peluang Usaha Ternak Hewan Menguntungkan
  2. 5 ide Bisnis Rumahan Yang Paling Efektif Untuk Karyawan
  3. 3 Jenis Ide Untuk Bertani Lahan Sempit Agar Untung Melimpah

Keluhan ini yang membuat para bisnis muda membuang buang waktunya untuk terus berinovasi, mengeluh adalah hal yang lumrah, tetapi jika sering itu musibah untuk siapapun yang mengalaminya, sebagai pembisnis sebaiknya mempunyai prinsip yang kuat, untuk memajukan bisnis yang di kelolanya.

5. Tidak Konsisten

Seperti poin gampang terprovokasi di atas, pengusaha muda kebanyakan tidak konisten dalam hal bisnis, entah itu kebijakan yang di buat, atau perilaku yang seharusnya di lakukan kepada bisnisnya, misal begini, saat melakukan pemasaran seharusnya dilakukan 2 hari sekali untuk produknya dan yang awalnya di target selama 6 bulan, tetapi pada umumnya pengusaha pemula hanya kuat 3 bulanan saja dan sisanya tidak di kerjakan. Selaim memiliki kebosanan yang cukup tinggi, pengusaha muda juga sering menunda nunda.

6. Masih Ragu Dalam Mengambil Keputusan

Pada umunya siapapun pernah merasakan hal ini, tak hanya untuk bisnis sahaja, untuk hal lain pun sama. Pengusaha pemula sering takut untuk mengambil kebijakan baru, atau inovasi baru, dan alasan yang sering di katakan adalah takut untuk tidak menguntungkan, gagal, dan sebagainya. Seorang pengusaha harus memiliki sikap seperti baja, tahan banting dan berani memutuskan sesuatu sesuai dengan perhitungan dan doa.

7. Tidak 100% Niat

Poin ini pernah saya alami. Kadang semangat untuk memasarkan produk, kadang malas, kadang ingin langsung berjualan di pasar, kadang malas, alasannya banyak sekali. Karena tugas kuliah, karena membuat bisnis baru, yang padahal bisnis yang ini saja belum bisa berdiri sendiri. Ya begitu lah. Padahal segala sesuatu yang kita lakukan jika niat nya gak 100% maka hasilnya juga tidak akan 100%

8. Kurangnya Membangun Komunikasi

Banyak yang beranggapana kalau sudah mempunyai karyawan,  tidak perlu lagi berkomunikasi baik dengan pelanggan, membangun komunikasi baru kepada pedagan lainnya yang berpotensi akan membesarkan bisnisnya. Ini lah yang membuat pengusaha ini sempit inovasi, dan akibat dari sempit inovasi yaitu usahanya akan ketinggalan jauh dengan pembisnis yang mempunyai banyak inovasi

9. Sombong

Baru membuka usaha aja udah koar koar kesana kemari, dan 1 usaha belum jadi, bikin usaha baru lagi, belum jadi bikin usaha baru lagi dan seterusnya. lebiah parahnya menutup diri dari masyarakat sekitar setelah mempunyai usaha baru. ini akan membuat anda menjadi sempit rejeki dan di karuniai banyak kebingungan yang membuat seseorang untuk berhenti dalam usaha yang di rintis. Dan tuhan kami sesungguhnya tidak suka orang yang sombong “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. [Al Qur’an Surat 31 Luqman Ayat 18]”

Dari 9 kesalahan yang sering di lakukan oleh pengusaha pemula di atas, semoga bisa menjadi refesrensi anda sebelum memulai usaha. Tips sebelum memulai bisnis dari saya, tentukan konsep yang tepat, lakukan, dan konsisten dalam menjalaninya, serta jangan lupa untuk berdoa, agar lebih di cepatkan waktu menuju suksesnya.

Artikel  kesalahan bisnis dan peluang usaha ini dicari dengan kata kunci :, Cara memulai bisnis, tips bisnis untuk pemula, hal yang harus dihindari dari pengusaha pemula, cara menjadi pengusaha sukses.

loading...

6 Comments

  1. Adam syf

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *