Peluang Usaha Event Organizer (EO) Dan Cara Memulainya

Prospek bisnis Event Organizer / EO kian hari kian potensial. Coba Anda lihat perubahan gaya hidup masyarakat dalam berpesta atau mengadakan suatu acara. Untuk kelas menengah ke atas rata-rata pemilik acara tidak mau repot dengan sistem acara dan acaranya itu sendiri, banyak yang ingin langsung beres. Itu semua tidak luput dari pemikiran masyarakat Indonesia yang semakin maju, yaitu lebih mementingkan waktu ketimbang uang dan tidak mau ribet.

Perkembangan perekonomian masyarakat Indonesia memang belum bagus, namun pola pikir masyarakat yang semakin ke sini semakin tidak mau ribet, maka di pastikan layanan EO akan tumbuh lebih subur pada puncaknya kelak.

 Event Organizer

Kebutuhan Event Organizer atau EO juga tidak hanya di kalangan masyarakat saja, namun juga substansi pemerintahan yang ingin mengadakan acara pasti menggunakan jasa EO untuk mengatur jalannya acara.

Sebenarnya apa itu EO atau Event Organizer ? Layanan jasa pengorganisir suatu acara. Semua jenis acara dapat di gagas dengan EO, dan itulah fungsi utama dan fungsi jasa ini. Jadi kerjanya itu menyenangkan orang dengan sebuah acara yang di inginkan, fun this job. EO sendiri terdiri dari sebuah tim yang memiliki anggota yang loyal dan dapat bekerja sama dengan baik.

Bagaimana sistem kerja EO atau Event Organizer?

Sistem kerja dari Event Organizer adalah membuat rencana, menjalankan acara dan pesta selesai sesuai keinginan pemilik acara.

Anda tertarik dengan bisnis Event Organizer? Bila memang tertarik dengan bisnis ini, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan dan perhatikan dengan baik. Karena bisnis ini sedikit rumit, karena memang harus bisa membuat tim dalam bisnis bisa bekerja sama secara loyal dan bisa memahami kebutuhan klien serta harus memiliki banyak kenalan untuk mendapatkan kualitas bahan pesta yang paling bagus dan semurah mungkin.

Artinya bisnis seperti ini harus di organisir dengan baik dan benar.

Cara menjalankan bisnis Event Organizer

Kelihatannya bisnis ini hanya bersenang senang bukan? Tapi tahukah Anda betapa rumitnya tatanan acara yang harus di persiapkan oleh Event Organizer agar acara yang nantinya dijalankan dapat berjalan sesuai dengan keinginan. Membuat sebuah acara itu tidak mudah, memerlukan sebuah konsep yang matang, kerja tim yang hebat, dan pengalaman EO juga menjadi salah satu keberhasilan dalam menjalankan acara.

Menjadi EO sama saja Anda betanggung jawab atas pemilik acara, keluarga pemilik acara, dan tamu undangan pemilik acara merasa senang dan puas.

Berikut ini adalah cara menjalankan bisnis Event Organizer agar tetap pada konsep awal yang sudah di sepakati oleh pemilik acara.

Konsep

Sebelum mengerjakan dan menyiapkan acara, pastinya diperlukan sebuah konsep. Konsep tersebut meliputi semua gambaran acara dari awal hingga akhir acara selesai, konsep tim dan konsep peran pembantu acara juga harus ada. Sebelum konsep disepakati oleh pemilik acara, pastikan pemilik acara bisa melihat gambaran acara melalui konsep yang telah dibuat. Adapun kekurangan nanti bisa di tambahkan pada sesi evaluasi konsep.

Evaluasi

Sebuah acara yang di atur oleh EO pastinya bukan acara untuk 1 orang saja, melainkan melibatkan banyak orang di dalamnya. Pada tahap konsep sudah terlihat, mulailah untuk mencari apa apa saja yang perlu di tambah demi kesuksesan acara, bisa dari tim khusus, bisa juga dari sponsor dan lainya. Di tahap ini pastikan semua beres, karena tahap selanjutnya adalah pengerjaan sebuah acara, mulai dari dekorasi, persiapan cattering dan persiapan lainnya. Pastikan kembali bahwa pemilik acara sepakat dengan konsep yang akan di jalankan

Persiapan

Mulai tahap ini Event Organizer sudah tidak memikirkan tentang teknis kesepakatan antara pemilik acara dan tim EO, karena sebelumnya sudah di setujui semua. Pastikan semuanya siap, bila perlu sebelum sampai ke hari H, 1 hari sebelumnya sudah mengadakan gladi kotor agar semua terlihat sudah pantas dan pas atau belum.

Pastikan berjalan

Tim Event Organizer harus tetap stanbay. Pastikan semua acara yang di selenggarakan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan konsep. Jangan terburu-buru mengambil keputusan bila ada sedikit kesalahan. Namun tetap pastikan tidak keluar jauh dari konsep. Kalau terlalu cepat mengambil keputusan takutnya nanti terlihat tidakprofesional.

Acara berjalan lancar

Bila acara yang Anda buat ini bisa sukses, seluruh orang yang hadir di acara yang saat ini Anda buat, bisa menjadi konsumen Anda di masa mendatang. Karena puas dengan kerja tim Event Organizer yang Anda pimpin.

Cara memulai bisnis Event Organizer?

Bila ingin sukses? Sukseskanlah orang terlebih dahulu, baru kita yang terangkat sukses tanpa susah susah meraih sukses. Itulah moto yang biasa digunakan untuk bisnis sejenis ini

Untuk memulai bisnis ini seseorang harus mampu dan sebaiknya memiliki beberapa persyaratan untuk menjadi EO (Event Organizer) yang akan admin tuliskan di bawah ini

1. Pengalaman

Pengalaman menjadi OE sangat penting, seminim minimnya Anda pernah menjadi koordinator sebuah acara organisasi, namun itu tidak cukup, hanya dasar saja. Untuk mendapatkan pengalaman menjadi EO Anda bisa mengikuti kursus untuk mengorganisir sebuah acara, bisa juga Anda mengikuti tim EO yang sebelumnya sudah berdiri dan memiliki jam kerja yang sudah lama. Membuat konsep dan menjalankan acara itu tidak perkara yang mudah.

Saya tidak bisa membayangkan apa jadinya bila pada hari H, acara yang kita buat seharusnya sudah siap ternyata belum siap, padahal ini acara pemerintah, terlagi acara kawinan yang di tunggu-tunggu. Pengalaman menjadi EO sangat penting.

2. Tim

Karena untuk memulai bisnis ini tidak bisa di lakukan secara perorangan, pelaku bisnis di tuntut untuk membuat sebuah tim. Anda harus mampu memimpin sebuah tim, dan membuat semua anggotanya menjadi loyal dan solid, dari anggota satu ke anggota lainnya. Ini semua bertujuan pada waktu bekerja semua merasa memiliki ikatan persaudaraan yang kuat, jadi saling bahu membahu, tidak membiarkan anggota lainnya kerja sendirian. Dalam sebuah tim yang harus Anda miliki, sebaiknya di adakannya tim inti untuk menjadi kepala bidang yang di kerjakannya.

3. Link

Yang dimaksud link di sini adalah relasi atau kenalan yang masih berkaitan dengan kesuksesan EO.. Anda harus memiliki kenalan sebanyak banyaknya. Fungsinya apa? Saat terjadi kekurangan modal atau memerlukan bahan yang lebih murah Anda bisa mendapatkan bantuan dari orang yang Anda kenal. Tidak mungkin orang bisa meminjamkan atau memberikan harga murah untuk orang yang belum di kenal.
Semakin banyak teman / kenalan, maka apapun yang dikerjakan untuk membantu orang lain akan semakin mudah.

4. Kreativitas

Selain memiliki pengalaman, tim yang solid dan kenalan yang banyak, pelaku usaha di tuntut untuk kreatif dalam memilih keputusan untuk bisnisnya. Ide kreatif juga di perlukan untuk membuat sesuatu yang unik dan hebat. Gunakan waktu-waktu luang untuk menemukan sesuatu yang baru dan bisa di terapkan pada bisnis Event Organizer yang Anda jalankan.

5. Kesabaran

Seorang pemimpin harus memiliki kesabaran yang eksra. Belum pernah saya temui seorang pemimpin yang tidaksabar, hampir semua pemimpin sabar. Bila Anda tidak memiliki syarat ini, siap siap saja acara akan bubar dan tim Anda pada kabur semua. Tidak sabar tidak usah menjadi pemimpin.

6. Modal

Untuk syarat yang terakhir yang perlu Anda persiapkan adalah modal. Kenapa modal terakhir? Anda bisa memulai bisnis ini nyaris tanpa modal, Anda bisa menggunakan sponsor sebagai pemodal awal Anda. Kebanyakan bisnis Event Organizer meminta client nya untuk membayar DP terlebih dahulu sebelum sepakat kepada tahap evaluasi, bahkan untuk awal pembuatan konsep sudah ada yang dimintai DP. Yang terpenting dalam bisnis ini adalah 5 poin sebelum modal di atas. Apabila ke 5 poin di atas terpenuhi Anda sudah bisa memulai bisnis Event Organizer.

Ada 1 poin tambahan sebagai syarat

Media informasi bisnis

Bisa berupa website, facebook, instagram, twitter

Apa saja kerja Event Organizer?

Bidang yang dapat dipilih oleh Event Organizer sangat banyak sekali. Seing kita jumpai pada acara besar, pemegang acara tidak hanya 1 tim EO saja, melainkan bisa 2 hingga 3 tim EO yang bekerja.

Dan berikut ini kerja dari EO

  1. Sewa gedung dan dekorasi
  2. Cattering
  3. Sound sistem
  4. Artis
  5. Busana
  6. Jadwal kegiatan
  7. Tempat tinggal (penyewaan hotel / losmen untuk tamu)
  8. Dan lain-lain

Bila Anda tertarik dengan bisnis semacam ini, di pastikan Anda akan bahagia bila acara yang Anda buat di puji oleh orang karena keberhasilan dan ke suksesannya. Demikian artikel tentang Prospek Usaha Event Organizer Dan Cara Memulainya. Semoga bermanfaat !!!

loading...

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *