7 Persiapan Sebelum Mengikuti Ekstrakurikuler

Persiapan Sebelum Mengikuti Ekstrakurikuler – Saat anda duduk di bangku sekolah entah itu seorang Siswa atau Mahasiswa, kegiatan ekstraakurikuler adalah sebuah kegitan yang selalu ada dalam proses pendidikan, karena kegiatan ini yang akan mengambangkan kreatifitas dan kepribadian hidup anda.

Disini saya menegaskan bahwa sebelum kamu terjun dalam kegiatan ekstrakurikuler, Alangkah baiknya jika mempertimbangkan hal hal sebagai berikut

1. Waktu

Apakah kamu memliliki waktu untuk kegiatan ini ? pertimbangkan baik baik ekskul yang akan kamu jalani. Karena kamu juga terikat dengan kewajiban akademis dan istirah

atmu. dan pikirkan juga akan komitmenmu untuk kegiatan ekskul ini.

2. Biaya

Ekskul juga membutuhkan biaya. Pastikan kegia

tan mu tidak menganggu keuangan makan dan tempat tinggal serta kebutuhan lain yang lebih kamu butuhkan.

3. Kemampuanmu

Tidak sedikit dari seorang pelajar yang akhirnya stress setelah mengikuti ekskul karena dirinya tidak mampu menjalainnya, akibatnya badan menjadi kurus, sering sakit sakitan dan tidak termotivasi untuk melakukan kegiatan tersebut.

ekstrakurikuler

4. Apakah penting buat kariermu?

Ekstrakurikuler adalah salah satu proses pembelajaran yang membuatmu menjadi ahli dalam pekerjaan yang kamu senangi. Dan tidak menutup kemungkinan ekskul bisa menjadikan mu berpengalaman sebelum kamu memulai kerja. pertimbangkanlah kegiatan yang sangat cocok dengan passion dan bakatmu.

Pengalaman ekskul ini akan memikat rekruter karena melihatmu sebagai kandidat pegawai yang mengejar minat karier di luar kegiatan akademis dan gigih mengasah keterampilan praktis sejak dini.

5. Kamu orangnya gimana?

Ekskul dapat membuat orang lebih semangat dan juga menjadikan orang lebih badmood. Kalo kamu orangnya aktif, pilihlah ekskul yang menantang. kalo kamu orangnya pasif, pilihlah ekskul yang tidak terlalu mengikat hari harimu.

6. Pilih sesuai jurusan

Banyak UKM atau organisasi sejalan dengan jurusan kuliah. kamu bisa mengkobinasikan pengetahun mu dalam proses belajar ke praktik dalam ukm.

7. Membuat UKM sendiri

Tidak semua universitas memiliki UKM yang kamu inginkan, tapi jika kamu memilih untuk membuat UKM sendiri itu adalah sebuah pemikiran yang sangat bagus. Dan kamu cocok sebagai seorang pemimpin. Tapi seorang pemimpin juga harus bertanggung jawab bukan ? jangan lupa untuk mempelajari sayarat membuat UKM di universitas tempat kamu kuliah.

[bctt tweet=”Pilihlah ekskul sesuai apa yang kamu butuhkan”]

Jadi kamu pilih ekstrakurikuler yang mana ?

Ada saran artikel baru ?

Baca Juga Artikel Ini:

 

loading...

5 Comments