Peluang Bisnis Menjanjikan Di Daerah Pedesaan

Peluang usaha menjanjikan didaerah pedesaan – Lumayan banyak pencarian di google dengan keyword tersebut. Kali ini saya ingin berbagi artikel mengenai peluang usaha yang cocok dijalankan di pedesaan. Sebenarnya hidup di kota ataupun di desa bukan sebuah masalah untuk menjalankan sebuah usaha, tantangan terbesar dari mendirikan usaha adalah mengalahkan diri sendiri. “Usaha apa yang paling bagus? usaha yang mampu dijalankan. bukan hanya ditanyakan melulu” bob sadino

peluang usaha desa

Saya adalah anak desa yang alhamdulillah diberi kesempatan untuk mencicipi hidup di kota. Dulu waktu saya berada di desa juga bingung mau usaha apa. Setelah merasakan dunia luar, pikiran saya baru terbuka lebar untuk peluang peluang usaha yang dapat dikerjakan di desa. Bagi anda yang masih bingung dengan potensi yang ada di desa, tidak ada salahnya untuk sesekali jalan jalan ke daerah yang lebih jauh. Mungkin disana anda bisa mendapatkan inspirasi / ide usaha yang cocok anda kerjakan di desa.

Contoh bisnis yang cocok untuk daerah pedesaan

1. Beternak

Potensi besar yang dapat di ambil ketika hidup dipesaan adalah dengan beternak, lahan yang ada di desa masih cukup luas untuk menemukan makanan ternak dan tempat tinggal ternak. Tidak seperti di kota, tidak hanya sulit menemukan makanan alami untuk hewan ternak, namun polusi yang dihasilkan hewan ternak juga dapat menggangu tetangga disebalahnya, karena kondisi kota yang rumahnya saling berdempetan. Contohnya adalah beternak bebek, berternak ayam, berternak kambing, berternak sapi, berternak buruk dan sebagainya. Untuk pemasarannya anda perlu praktek sendiri. Banyak sekali pemasaran yang bisa diambil. Contoh sederhana pemasarannya bisa dari mulut kemulut, bisa dijual dipasar, dan suatu saat jika bisnis ternak semakin besar, tidak menutup kemungkinan bisa dipesan dari orang luar daerah. Baca juga Majukan peternakan indonesia bersama ilmuhewan.com

2. Bertani

Memiliki lahan yang cukup luas jangan disia-siakan. Jika tinggal di desa memiliki lahan luas sudahlah pasti bisnis anda akan bisa dikembangkan asal ada kemauan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan teknik modern dalam bertani. Salah satunya adalah rubah cara dan pola pikir diri sendiri terlebih dahulu. Sampai saat ini kenapa petani indonesia sulit maju? karena pola pikir dan cara yang digunakan dalam bertani masih sangat tradisionl. Hasil yang didapat pun hanya cukup untuk kehidupan selama menunggu hasil panen tiba lagi.  Untuk menentukan tanaman apa yang cocok ditanam di daerah yang ditempati, alangkah baiknya harus mengetahui letak geografis daerahnya. Pastikan tanaman yang akan ditanaman cocok dalam geografis daerah tersebut. Contoh tanaman yang paling mudah untuk ditanam dan tidak terlalu mempermasalahkan letak geografis adalah tanaman jagung. Bisa anda kembangkan lagi untuk menemukan tanaman yang pas dan sesuai dengan keinginan.

3. Membuka usaha mebel

Bisnis ini tentunya harus memiliki keahlian khusus. Jika anda mempunyai keahlian itu mungkin bisa dimanfaatkan secara maksimal. Walaupun sudah banyak produk pabrikan yang lebih bagus, tetapi usaha mebel tidak akan pernah mati selama produk yang dihasilkan bagus. Contoh bapak Jokowi, mebel yang ia punya saat ini sudah memasuki penjualan sampai keluar negri. Namun itu tidak mudah, harus mencipatakan produk yang benar benar bagus.

4. Menjadi tengkulak

Caranya bagaimana? caranya anda tinggal membeli produk dari petani dan peternak dan anda jual kepabrik / pasar pasar yang lebih besar. Hidup di kota jarang sekali saya temukan ada tengkulak, palingan  apa yang mau di tengkulak in, ada si palingan tengkulak rongsokan. Di desa juga bisa menjadi tengkulak rongsokan. Persaingan yang ada didesa untuk jenis bisnis ini sangat banyak sekali, namun siapa yang mampu bertahan dan memberikan harga terbaik, dialah yang akan menang.

5. Budidaya ikan

Budidaya ikan juga bisa dijadikan sebuah bisnis yang menguntungkan. Coba sesekali main kekantor pemerintah yang berhubungan dengan kebutuhan pasar di daerah tempat tinggal anda. Cari tahu kebutuhan apa yang ingin ditambah atau yang ingin di perbarui. Sampai saat ini di berbagai daerah masih kekurang stok ikan gabus dan ikan lele. Mungkin peluang ini bisa dimanfaatkan untuk dijadikan peluang usaha di pedesaan.

6. Menjadi blogger

Mugkin ada diantara kalian yang belum tahu tentang profesi ini. Ini adalah profesi yang sebenarnya sudah tergolong lama, namun baru booming 2 – 3 tahun belakangan ini. Kerjanya bagaimana, kerjanya cukup berada di depan leptop / komputer yang tersambung ke internet. Contohnya adalah penulis artikel ini. Profesi ini bisa menghasilkan profit / penghasilan jutaan, puluhan juta, ratusan hingga milyaran per bulan. Namun tergantung orangnya, jika tidak serius sama saja tidak akan menghasilkan apa apa. pekerjaan ini cukup dikerjakan didalam rumah. Bagi anda yang malas untuk keluar luar rumah boleh dicoba profesi yang satu ini. Mungkin bisa anda pelajari bagaimana cara menjadi bloger dengan bantuan google. Contoh blogger sukses dari desa adalah eka lesamana yang dulunya adalah tukang angon bebek. Sekarang penghasilannya hingga ratusan juta perbulan. Bisa anda baca kisah suksesnya di link berikut : Kisah sukses eka lesamana.

Menciptakan sebuah bisnis bukanlah perkara yang mudah butuh yang namanya ketekunan dan kemauan yang kuat. Jika hanya berorientasi pada untung, mending tidak usah menciptakan bisnis. Bisnis adalah sebuah usaha yang manfaatnya bisa dirasakan oleh banya orang bukan hanya individu saja. Sebenarnya masih banyak sekali bisnis yang dapat dijalankan dikota, seperti membuka toko kebutuhan pokok, toko bangunan, bengkel motor dan masih banyak lagi.

Jika ingin contoh peluang usaha yang berorientasi pada penjualan saja, saya juga akan memberikan beberapa contoh yang bisa dilakukan penduduk pedesaan:

  1. Berjualan pulsa
  2. Berjualan makanan didekat pasar
  3. Membuka angkringan di persimpangan atau tempat yang sering ada banyak orang
  4. Menjual mendoan
  5. Dan jajanan lainnya.

Mudah mudahan dari artikel ini anda bisa memperluasnya sendiri dan bisa menjadi inspirasi untuk membuka bisnis atau usaha di daerah yang anda tempati sekarang. Hidup di desa akan sangat berbahagia bila kita tau cara memaksimalkan potensi alam sekitar. Apa yang saya maksud dengan potensi alam bukan hanya pada tanaman dan pasar namun juga sumber daya manusianya yang masih mudah untuk dibina dan dapat maju bersama sama.

Itulah beberapa peluang usaha yang cocok untuk daerah perdesaan. Apabila artikel ini bermanfaat jangan sungkan untuk share.

Artikel peluang usaha ini dicari dengan kata kunci :, bisnis untuk petani, bisnis yang cocok didesa, bisnis apa yang cocok didesa, bisnis modal kecil, usaha untuk masyarakat desa.

loading...

One Response

  1. Raiminde

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *