Cara Menentukan Jurusan Kuliah Yang Baik

Artikel ini dibuat untuk adik adik yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

Tidak sedikit lulusan SMA/Sederajat, yang masih bingung menentukan jurusan kuliah. Kondisi ini adalah sangat wajar dialami, namun jangan dibiarkan untuk terus menerus merasa bingung. Ada beberapa metode yang dapat dilakukan oleh siswa untuk menentukan jurusan kuliah agar tepat sesui pasion, hobi, dan keinginan.

cara-menentukan-jurusan-kuliah

Hobi adalah sesuatu hal yang kita sukai dan kita senang saat melakukannya

Keinginan adalah sesuatu hal yang ingin kita capai untuk tujuan tertentu

Apa itu pasion, pasion adalah sesuatu hal yang apabila dilakukakan merasa sangat nyaman atau senang tanpa melihat itu sebuah hobi ataupun keinginan

Sebenarnya apa yang membuat siswa itu bingung, jawabannya siswa tersebut baru setengah setengah dalam mendapatkan informasi.

Kuliah itu bukan untuk bekerja, namun kebanyakan orang menganggap bahwa dengan kuliah maka pekerjaan kita lebih baik. Anggapan tersebut tidak salah, tetapi dengan anggapan itu jadilah sebuah pemilihan jurusan kuliah atau memetakkan jurusan kuliah mana yang gajinya besar dan mana yang kurang diminati.

Saat ini teknologi sudah sangat maju namun cara berfikir orang Indonesia masih banyak yang belum modern, salah satunya tentang jurusan kuliah yang memikirkan pekerjaan dan gaji.

Disini penulis menyarankan pada adik adik yang ingin masuk kuliah sesuai dengan pasion dan keahlian yang dimiliki. Namun ada beberapa pertimbangan lain yaitu tentang

Cara Menentukan Jurusan Kuliah

  1. Minat/keinginan
  2. Hobi
  3. Sosial budaya
  4. Masukan dari orang tua dan guru
  5. Jangan ikut ikutan teman

Penjelasannya sebagai berikut

Minat mempunyai kekuatan yang sangat besar untuk seseorang untuk menggapainya dan akan senang jika mendapatkannya, namun minat juga dapat membuat seseorang merasa terlalu bodoh. Disini intinya adalah komitmen dan kerja keras.

Hobi, apapun yang berkaitan dengan hoby biasanya orang juga akan melakukannya, kecuali 1 terkendala oleh faktor uang. Sesuaikan kondisi uang dan cari jalan keluar.

Sosial budaya di sini adalah anda ingin mengambil jurusan sesuai dengan apa yang anda hadapi di tempat tinggal anda. Misal tinggal di daerah pertambangan, untuk menciptakan lingkungan yang tetap nyaman, anda harus kuliah ke teknik lingkungan.

Masukan dari orang tua dan guru ini sangat penting, karena beliau lebih mengerti tentang kepribadian anda, saat anda berumur diantara 17 sampai 19 itu adalah umur dimana kebanyakan anak masih dalam kondisi labil. Masukan dari orang tua sangat penting dan jangan di anggap remeh.

Untuk kalian yang masih bingung, cari tentang universitas yang kalian sukai terlebih dahulu, cari minat anda terlebih dahulu lalu pertimbangkan tentang, keuangan, izin orang tua dan kemampuan serta komitmen anda. Buatlah 1 tujuan besar untuk jurusan yang anda pilih, dan jangan pernah bosan. Mulailah kuliah dan jalani prosesnya.

Yang namanya kuliah itu tidak selalu enak, seperti orang pacaran, kadang ada ngenesnya.

Selamat kuliah dan selamat menjalani kehidupan yang lebih luas.

loading...

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *