Terimakasih Universitas Muhamadiyah Yogyakarta

Umy adalah salah satu univesitas terbaik di yogyakarta, dengan menonjolkan ilmu islami di dalamnya, umy menjadi pilihan yang bagus buat para calon mahasiswa yang ingin mendalami ilmu islami.

Saya di sini sangat bangga karena UMY akan menjadi jalan untuk menjadikan hidup yang lebih hidup, dengan cara menerima saya sebagai mahasiswa umy tahun 2015.

Berikut adalah logo dan foto UMY :

logo umyExcellent-Building-Design-of-Campus-UMY

kampus-umy masjid-a-dahlan-umy sportorium umy umy

Kampus umy

Source : www.umy.ac.id

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta yang beralamat di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jalan Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terakreditasi “A” dengan SK BAN PT No.061/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013.[1]

Peningkatan kualitas SDM pengelola mendapat prioritas utama dalam pengembangan UMY. Oleh karena itu, setiap tahun UMY mengirimkan sekitar 20 hingga 30 tenaga pengajar untuk mengikuti studi lanjut, S2 dan S3, baik di dalam maupun di luar negeri.

Sejarah

Niat untuk mendirikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah ada sejak lama. Prof. Dr. Kahar Muzakkir dalam berbagai kesempatan melemparkan gagasan perlu didirikannya Universitas Muhammadiyah. Ketika Pimpinan Pusat Muhammadiyah Majelis Pengajaran meresmikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Yogyakarta pada tanggal 18 November 1960, secara eksplisit piagam pendiriannya mencantumkan FKIP sebagai bagian dari Universitas Muhammadiyah. Barulah pada bulan Maret 1981, melalui perjuangan yang keras beberapa aktivis Muhammadiyah seperti Drs. H. Mustafa Kamal Pasha, Drs. M. Alfian Darmawam, Hoemam Zainal, S.H., Brigjen. TNI. (Purn.) Drs. H. Bakri Syahid, K.H.Ahmad Azhar Basir, M.A., Ir.H.M.Dasron Hamid, M.Sc., H.M. Daim Saleh, Prof. Dr. H. Amien Rais, M.A., H.M.H. Mawardi, Drs. H. Hasan Basri, Drs. H. Abdul Rosyad Sholeh, Zuber Kohari, Ir. H. Basit Wahid,H Tubin Sakiman yang gigih mencari Mahasiswa serta didukung oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah saat itu, K.H. A. R. Fakhrudin dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY H. Mukhlas Abror, secara resmi didirikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yang kemudian berkembang hingga saat ini.

Pada awal berdirinya, rektor UMY dipercayakan kepada Brigjen. TNI (Purn) Drs. H. Bakri Syahid, yang saat itu sudah selesai masa tugasnya sebagai Rektor IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Rektor periode berikutnya dipercayakan kepada Ir. H. M. Dasron Hamid, M.Sc. Akan tetapi karena proses permintaan izin menteri belum selesai, maka ditunjuk seorang sesepuh Muhammadiyah, H. M. H Mawardi, menjadi rektor. Setelah turun izin menteri, ditetapkan Prof. Dr. H. Bambang Cipto, M.A. sebagai rektor UMY.

Tujuan

Terwujudnya sarjana muslim yang berakhlak mulia, cakap, percaya diri, mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berguna bagi umat, bangsa dan kemanusiaan

Saat ini UMY memiliki 8 fakultas, yaitu :

  • Fakultas Agama Islam
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Isipol
  • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Pendidikan Bahasa

Program Vokasi/Politeknik UMY (D III)Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta :

  • Program Studi Magister Manajemen
  • Program Studi Magister Studi Islam
  • Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan
  • Program Studi Magister Manajemen Rumah sakit
  • Program Studi Magister Keperawatan
  • Program Studi Magister Ilmu Hubungan Internasional
  • Program Doktor

Source : wikipedia.com

Terimakasih telah menyimak sedikit tentang Universitas Muhamadiyah Yogyakarta, Untuk yang berminat melanjutkan perguruan tinggi di sini, segera rencanakan tujuan anda sebelum memutuskan untuk memilih jurusan.

mau kuliah disini ?

Jangan lupa temui saya ya

Ajak kenalan

Ajak jalan

Ajak makan

Ajak nonton 😀

Thank you

Ada saran artikel baru ? hubungi saya melalui contact

Baca Juga Artikel Ini:

loading...