Tips Tentang Olahraga: Ayo Olahraga Ringan di Kantor Agar Tetap Produktif

Ada yang bilang bahwa kerja di kantor itu enak, padahal anggapan demikian tidak selamanya benar. Sebab berada di kantor seharian terutama jika sudah duduk di depan layar monitor akan membuat badan menjadi kurang gerak dan justru lebih mudah capek. Kurang gerak seperti inilah yang dapat membuat tubuh Anda menjadi kaku dan membutuhkan peregangan agar tubuh tetap bugar dan luwes saat bekerja dan kembali menjadi produktif. Tips tentang olahraga  kali ini akan membahas mengenai beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan saat berada di kantor:

Chair dips.

Olahraga ringan yang pertama adalah chair dips, olahraga ini dilakukan dengan memanfaatkan kursi kerja Anda, namun pastikan bahwa kursi tersebut benar-benar kuat menahan gerakan tubuh Anda agar Anda tidak terjerembab apabila kursi tergeser sendiri. Bila perlu, gunakan kursi yang tidak beroda. Caranya mudah sekali, ambil posisi membelakangi kursi lalu genggamlah lengan kursi, pastikan posisi Anda benar-benar nyaman lalu tekuklah lutut Anda secara naik turun dengan bertumpu pada lengan Anda. Lakukan selama 2-3 menit.

Wall sits.

Olahraga satu ini memanfaatkan dinding yang ada di ruangan kerja Anda. Carilah dinding yang agak luas lalu sandarkanlah punggung Anda pada permukaan dinding, perlahan-lahan tekuklah lutut Anda dengan punggung tetap bersandar pada dinding atau seperti orang duduk di kursi. Tahan posisi ini selama 1 menit sebanyak 3 kali.

Chair leg.

Siapa bilang Anda tidak bisa mengencangkan otot perut dan paha Anda selama berada di kantor? Selain dengan naik turun tangga ketimbang memakai lift, Anda bisa melakukan olahraga ringan untuk mengencangkan otot perut dan paha Anda hanya dengan menggunakan kursi Anda, caranya adalah dengan duduk bersandar pada kursi kerja dengan lengan Anda menempel pada lengan kursi lalu naik turunkan kedua kaki Anda selama 20×3. Selain dengan menaik-turunkan kedua kaki Anda, Anda juga bisa mengayunkan kaki Anda ke depan dan ke belakang dengan hitungan yang sama (20×3). Latihan ini dapat mengencangkan otot betis dan kaki Anda secara keseluruhan.

Desk pushups.

Olahraga ringan di kantor yang terakhir ini adalah dengan menggunakan meja kerja Anda. Pastikan bahwa meja Anda benar-benar kuat menahan beban tubuh Anda sebab Anda akan melakukan gerakan menarik dan mendorong (push up) dengan bertumpu pada meja Anda. Pegang tepian meja dalam keadaan tubuh agak condong ke depan kurang lebih 45 derajat lalu lakukan gerakan push up seperti biasa. Selama 3 kali sebanyak 10 gerakan. Tips tentang olahraga ringan di kantor ini akan membantu tubuh Anda tetap bugar selama bekerja di kantor seharian dan membantu Anda jadi lebih produktif.

me

Saya sangat suka dengan teknologi, bisnis, dan pertanian. Kegiatan saya saat ini adalah penulis lepas dan melanjutkan studi dibidang Agribisnis.

Mungkin Anda juga menyukai