Tips Pemakaian Motor Jenis Kopling Bagi Pemula

Selain teknik perawatan motor, pengguna motor juga harus mengetahui hal-hal penting dalam menggunakan kendaraan roda dua. Terlebih kendaraan roda dua yang menggunakan sistem kopling. Mengendarai kendaraan roda dua tentu saja hampir dikuasai oleh semua orang. Namun jenis kendaraan ini dengan sistem kopling banyak orang yang masih bingung saat menggunakannya. Untuk itu ada baiknya apabila Anda ingin lebih mudah dalam belajar. Mulailah mempelajari mengenai caranya dan teknik dengan benar. Dengan menguasai mengenai hal ini tentu saja pemakaian jenis kendaraan roda dua dengan menggunakan sistem kopling tak akan sulit untuk dikuasai. Untuk itu ada baiknya apabila Anda mengetahui mengenai teori dari tips pemakaian motor jenis kopling bagi pemula.

motor koplingan

Mengendarai motor kopling bukan perkara yang susah

Tips memakai kendaraan roda dua dengan sistem kopling yang sebaiknya diketahui yaitu

1. Hidupkan mesin

Mulailah dengan memutar kunci hingga ke on atau posisi siap dihidupkan. Pastikan saat akan menyalakan jenis kendaraan ini Anda membuat posisi transmisi dalam keadaan netral. Anda tentu saja melihat mengenai tombol hijau yang ada pada bagian stang kendaraan tersebut. Tekan saat menghidupkan mesin hingga maksimal tiga detik saja. Tujuannya agar aki tidak tekor saat digunakan.

2. Masukkan gigi

Perlu Anda ketahui bahwa konsep menyalakan dan memulai mengendarai kendaraan roda dua dengan jenis kopling sama dengan jenis gigi. Masukkan gigi satu untuk mulai mengendarai dengan menarik handle bagian depan. Selain itu mulailah dengan menginjak tuas transmisi ke arah depan. Dengan melalui beberapa cara ini akan membantu dalam menghidupkan mesin kendaraan Anda.

3. Tahapan penting

Dalam mengendarai kendaraan roda dua dengan jenis kopling biasanya tahapan penting ini yang sering kali membuat seseorang merasa kesulitan. Hal ini karena dengan mengendarai kendaraan kopling harus melepaskan tarikan kopling secara perlahan. Tips pemakaian motor kopling haruslah dilakukan secara perlahan. Tujuannya tentu saja agar motor tetap menyala dan dapat dikendarai. Namun yang biasanya terjadi adalah kendaraan menjadi mati apabila melepaskan kopling secara mendadak.

4. Mengganti gear atau gigi dua]

Apabila Anda sudah mengendarai kendaraan dengan kecepatan sepuluh kilometer perjam. Hendaknya mulailah mengganti pada gigi dua untuk membantu dalam melancarkan kendaraan Anda menjadi mudah dikendarai. Cara mengganti gigi mudah dilakukan dengan menekan tuas kopling dan menginjak bagian transmisi yang berada di bagian belakang. Untuk mendapatkan kampas rem yang awet atau tahan lama hendaknya menekan kopling secara penuh.

5. Ingin berhenti

Pada saat Anda ingin berhenti tentu saja ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Cara menghentikan kendaraan Anda dengan menarik bagian tuas kopling. Dengan menarik tuas kopling yang dimiliki sembari membalikkan tuas gas. Pastikan Anda juga menginjak dan menarik rem. Dengan demikian kendaraan Anda akan dengan mudah berhenti. Dalam pemakaian awal memang akan terasa sangat kesulitan namun apabila Anda menggunakan secara rutin tentu saja tidak akan merasa kesulitan.

6. Kembalikan posisi gigi seperti semula

Untuk membuat kendaraan tidak terasa berat tentu ada baiknya mengembalikan posisi gigi ke posisi semula. Selain pada bagian gigi hendaknya Anda juga mengembalikan transmisi dan kopling juga kearah semula. Apabila Anda merasa bahwa sudah berhenti dan kendaraan mati sempurna. Segeralah menggeser kunci kearah tombol off dan cabut bagian kunci tersebut. Dengan demikian akan membantu dalam mengembalikan kendaraan roda dua dalam keadaan semula. Untuk itu segera lakukan beberapa cara sesuai yang diberitahukan untuk mendapatkan kemudahan dalam menerapkan tips pemakaian motor dengan jenis kopling.

loading...

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *