Gaya hidup

10 Manfaat Susu Kambing Asli untuk Kualitas Hidup Lebih Baik

Jika ingin mendapatkan gizi dan nutrisi lengkap maka Anda harus mengonsumsi susu. Salah satu pilihannya adalah susu kambing. Mengapa? Karena manfaat susu...

Written by Danu Adji · 2 min read >
Susu Kambing Etawa

Jika ingin mendapatkan gizi dan nutrisi lengkap maka Anda harus mengonsumsi susu. Salah satu pilihannya adalah susu kambing. Mengapa? Karena manfaat susu kambing asli bagi manusia sangat banyak.

Walaupun demikian, memperoleh susu ini tidak semudah menemukan susu sapi. Terutama susu kambing etawa yang punya berbagai khasiat penting bagi manusia. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsinya dengan teratur jika mengetahui produsen susu tersebut.

Susu kambing asli tentunya punya berbagai khasiat yang baik, seperti:

1. Mengandung Lemak Baik

Manfaat susu kambing etawa yang pertama adalah memiliki lemak baik. Kandungan lemak esensial di dalamnya merupakan yang paling mudah dicerna. Jadi, lemak ini cepat terbakar menjadi energi dan tidak akan menumpuk di dalam tubuh.

Karenanya, susu kambing sangat cocok menjadi asupan gizi tambahan bagi orang yang ingin diet. Selain itu, susu ini tidak akan membuat kolesterol meningkat sehingga siapapun cocok meminumnya.

2. Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Susu kambing ini mengandung kalium yang berguna untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Jadi, dengan mengonsumsi susu ini maka jantung Anda akan semakin sehat. Karena, kerja jantung menjadi lebih ringan sehingga Anda terhindar dari serangan jantung.

Jika Anda mengimbangi hal ini dengan olahraga dan pola makan yang teratur. Maka, Anda akan terhindari dari berbagai penyakit lainnya.

3. Terserap dengan Mudah

Manfaat susu kambing bubuk lainnya adalah mudah terserap oleh tubuh. Mengapa? Karena kandungan laktosanya lebih sedikit daripada susu sapi. Karena banyak orang yang tidak bisa menyerap laktosa susu sapi sehingga terjadi penggumpalan pada lambungnya.

Hal ini kemudian berakibat pada mules dan paling parah alergi laktosa. Oleh karena itu, susu kambing bisa menjadi pilihan terbaik kepada orang yang alergi susu sapi tersebut.

4. Baik untuk Anemia

Setiap susu tentu mengandung zat besi yang baik dalam pembentukan sel darah merah yang baru. Tetapi, tidak semua orang bisa menyerap susu sapi dengan mudah. Jika demikian, maka Anda dapat memakai susu kambing.

Mengapa? Karena kandungan zat besinya sangat tinggi. Jika susu ini Anda konsumsi minimal satu gelas setiap harinya. Maka, anemia yang ada dapat terkendali dengan baik, sehingga pengidap anemia dapat beraktivitas lebih baik dari biasanya.

5. Baik untuk Tumbuh Kembang Otak Anak

Susu ini juga memiliki kandungan penting seperti vitamin B2 dan B3. Kedua vitamin tersebut berperan penting dalam meningkatkan tumbuh kembang otak anak-anak.

Manfaat susu kambing mentah ini bisa dirasakan oleh bayi dalam janin ibu. Karena, perkembangan otak dan saraf anak akan lebih baik jika ibunya rajin mengonsumsi susu tersebut.

Setelah bayi lahir dan telah melewati proses pemberian ASI. Maka, berikanlah susu kambing sebagai asupan gizi tambahan agar perkembangan anak menjadi lebih baik.

6. Meningkatkan Jumlah ASI

ASI sangatlah penting bagi bayi, karena menjadi makanan utamanya sampai bayi berumur 2 tahun. Namun, tidak semua ibu-ibu bisa memproduksi ASI dengan baik. Salah satu cara meningkatkan produksi ASI tersebut adalah dengan mengonsumsi susu kambing setidaknya pada trimester ketiga kehamilan.

Hal ini tidak hanya membuat fisik Ibu menjadi lebih baik, tetapi juga memperlancar produksi ASI. Karena, susu ini memiliki kandungan kalsium yang jauh lebih banyak daripada susu sapi.

Oleh karena itu, susu kambing sangat baik bagi ibu dan anak. Terutama pada masa kehamilan sampai anak lahir.

7. Kecantikan

Kandungan penting lainnya dari susu ini adalah thiamin, niacin serta vitamin B dan C. Semua vitamin tersebut akan membantu tubuh Anda untuk melakukan regenerasi kulit. 

Kemudian, manfaat susu kambing untuk kecantikan lainnya adalah menjadi bahan utama pada produk kecantikan. Contohnya seperti masker wajah, sabun pembersih muka dan lainnya.

Karena, susu kambing lebih mudah terserap oleh tubuh. Jadi, berbagai vitamin dan zat yang baik untuk regenerasi kulit dapat terserap dengan cepat. Efeknya adalah kulit Anda akan terlihat lebih kencang, bersih dan mengkilap setiap harinya.

8. Membantu Mengatasi Insomnia

Banyak orang yang tahu bahwa mengonsumsi susu akan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Hal yang sama juga berlaku ketika mengonsumsi susu kambing sebelum tidur. Karena kandungan asam amino triptofan pada susu ini akan mendorong pembuatan hormon serotonin.

Hormon tersebut akan membuat suasana tubuh menjadi lebih baik, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak. Oleh karena itu, orang yang terkena insomnia bisa mencoba cara ini agar dapat tidur nyenyak.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat susu kambing Supergoat lainnya adalah bisa memperkuat kekebalan tubuh. Karena, terdapat flourin yang berperan aktif dalam peningkatan imun. Flourin pada susu kambing bisa mencapai 10 kali lebih banyak daripada susu biasa.

Karenanya, orang sakit sangat dianjurkan untuk meminum susu ini. Karena, proses recovery menjadi lebih cepat dan pastinya terhindari dari komplikasi ringan pasca pengobatan.

10. Memperlancar Pernapasan

Selain meningkatkan kekebalan, ternyata susu ini juga dapat memperlancar saluran pernapasan melalui kandungan flourin tersebut. 

Jika Anda memiliki penyakit asma dan tuberculosis (TB), maka mengonsumsi susu kambing asli sangat dianjurkan. Karena, susu ini dapat membantu membersihkan saluran pernapasan mulai seperti kerongkongan dan lainnya.

Baca juga: Jadwal makan yang baik untuk kesehatan

Akibatnya, napas dan imun meningkat sehingga penyakit TB dan asma jarang kambuh.

Tentunya masih banyak lagi manfaat susu kambing asli yang bisa Anda ketahui. Setelah mengetahui hal ini, maka Anda dan keluarga dapat mengonsumsi susu ini untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *