Cara Memulai Usaha Pengepul Hasil Pertanian Dari Petani

Halo mas mbak, pada kesempatan kali saya ingin share artikel singkat tentang bagaimana cara menjadi pengepul. Namun sebelum itu mari kita bahas sedikit mengenai pengertian pengepul. Pengepul adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh seseorang untuk menyediakan tempat, mengumpulkan atau memusatkan sesuatu produk/barang. Misal dalam dunia pertanian adalah, dimana tempat para petani dapat menjual produk pertaniannya di 1 tempat, dimana yang begerak untuk mengantarkan hasil produksi atau barang ke suatu tempat tersebut adalah petani sendiri.

Cara Memulai Usaha Pengepul Hasil Pertanian Dari Petani

Apa keuntungan memulai bisnis pengepul hasil pertanian?

Menurut saya ada 3 keuntungan yang akan didapat oleh seseorang yang akan menjalankan bisnis pengepul hasil pertanian, diantarnya sebagai berikut:

  1. Membantu petani, dalam hal ini seorang pengepul sudah menyediakan tempat yang bagus untuk petani menjual hasil pertaniannya. Di tambah lagi, petani akan merasa yakin bahwa hasil pertaniannya akan terjual, yang mana membuat semangat para petani untuk membudidayakan komoditas juga tetap semangat.
  2. Akan mendapatkan keuntungan finansial, yang namanya bisnis pasti mencari keuntungan kan? bisnis pedesaan yang paling menjanjikan salah satunya adalah menjadi pengepul. Namun bukan berarti tidak tanpa resiko ya.
  3. Semakin cepat untuk melihat dunia luar, karena yang namanya pengepul pasti nantinya akan dicari oleh pembisnis pembisnis besar. Misalnya bila anda ingin memulai menjadi pengepul komoditas jahe, maka tidak lama anda bisa kenalan dengan pemilik sidomuncul.

Untuk manfaat lainnya nanti, nanti akan anda ketahui setelah menjadi pengepul. Menjadi pengepul juga tidak perkara mudah, anda harus siap bertemu dengan banyak orang, anda harus siap menghadapi berbagai dilematik sebagai seorang pedagang khusus komoditi tertentu apabila harga jualnya rendah. Semua mempunyai resiko. Namun yang terpenting adalah, ketika anda memutuskan ingin menjadi seorang wirausaha, resiko adalah bumbu penyedap. Artinya, usaha tanpa resiko, biasanya hasilnya juga kurang memuaskan, hasilnya kurang banyak, hasilnya sama dengan kebanyakan orang. Mental seorang wirausaha ingin lebih dari itu.

Lalu gimana Cara Memulai Usaha Pengepul Hasil Pertanian Dari Petani?

Ada 6 kriteria paling dasar yang sebaiknya anda miliki, antara lain:

  1. Punya modal uang
  2. Punya lahan
  3. Minimal tahu teknologi
  4. Sikap pembisnis
  5. Jujur
  6. Konsisten

Untuk memulai bisnis menjadi pengepul sebenarnya tidak terlalu sulit, yang harus anda lakukan adalah:

  • Anda mempromosikan diri kepada warga sekitar,
  • Anda mulai membeli hasil produk pertanian warga sekitar,
  • Anda juga harus mampu mencari pembeli yang potensial
  • Kembangkan pasar penjualan anda.
  • Sampai pada titik dimana anda dikenal sebagai seorang pengepul komoditi pertania “apa” cabai, atau ubi, atau sayur sayuran atau buah buahan dan sebagainya.

Nah itu tadi tips singkat yang dapat saya share ke mas mbak sekalin semoga dapat membantu. Bisnis itu harus kreatif, konsisten dan berani mengambil resiko, mungkin ditambah pinter juga lebih bagus. Oke cukup itu saja dulu, akan kita sambung dengan tips tips lainnya. Untuk pengembangan materi anda bisa mencari ahlinya. 🙂

me

Saya sangat suka dengan teknologi, bisnis, dan pertanian. Kegiatan saya saat ini adalah penulis lepas dan melanjutkan studi dibidang Agribisnis.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.