24 Alat Pertanian Modern Yang Bisa Digunakan Di Indonesia

Alat Pertanian Modern – Faktor kesuksesan pertanian tak luput dari penunjang-penunjangnya, salah satunya yaitu alat pertanian. Dari mulai alat yang kecil hingga yang besar. Kali ini saya pengen sekali berbagi mengenai artikel alat pertanian yang sekiranya bisa di gunakan untuk petani indonesia. Di akhir artikel ini saya akan membagikan vidio petani Indonesia yang super super keren, karena bisa bisa membuat traktor yang biasanya di kendalikan langsung oleh manusia, kini hanya dengan panel remote control, traktor tersebut bisa berjalan dan berfungsi sesuai tuganya. Baca poin poinnya aja. Yang gak pentig bisa di skip.

Mulai dari yang alat yang berfisik besar dulu lalu trus yang ke yang kecil

Mesin Alat Pertanian Utama Yaitu Traktor

Claas_Xerion_3800-min

Traktor adalah mesin utama yang menurut saya adalah bagian paling besar untuk pertanian yang ada di indonesia. Mesin ini banyak bentuknya, mulai dari yang traktor kecil hingga traktor yang sangat besar. fungsi traktor sendiri adalah sebagai alat bantu dalam proses pengolahan tanah, yaitu menarik atau mendorong alat pengolah tanah sehingga mendapatkan hasil yang di inginkan. Traktor juga mempunyai 2 jenis yaitu dengan menggunakan roda rantai dan roda dua. Fungsinya adalah jika rantai biasanya di gunakan untuk kondisi tanah yang berlumpur dan untuk yang roda biasanya di gunakan untuk kondisi tanah yang kering.

Pengolah Tanah

Pengolahan tanah adalah suatu hal mutlak yang harus di lakukan oleh petani sebulum melakukan proses penanaman bibit. Karena dengan pengolahan tanah dengan baik dan benar makan proses penanaman akan lebih mudah dan tentunya itu baik sekali untuk si buah benih hehehe. Alat pengolahan tanah di bagi menjadi dua, yaitu alat pengolahan tanah pertama dan pengolahan tanah kedua. Disini ada banyak sekali alat pengolahan tanah, mulai dari alat penggembur sampai alat pembentuk parit. Dan saya jelaskan diskripsi singkatnya mengenai fungsi alat tersebut.

Baca juga artikel ini

1. Rotavator

Rovaktor adalah alat yang gunakan untuk pengolahan tanah pertama dan bisa yang kedua. Awal yaitu, ketika mulai memotong, mencacah dan membolak balik tanah, dan di katakan kedua ketika mulai merapikan tanah, menghancurkan tanaman pengganggu memperbaiki tata air.

rovaktor-min2. Kultivator

Cultivaktor adalah sebuah alat penyiangan tanaman, sebenernya kalo kita logika, penyiangan adalah sebuah pemeliharaan nukan pengolahan, tapi karena alat yang di gunakan juga mengandung traktor maka saya masukkan kesini.

alat-penyiangan-tanaman-min

3. Bajak singkal

Bajak singkal adalah alat untuk membolak mbalikkan tanah. Ada dua jenis bajak singkal yaitu bajak singkal satu arah dan bajak  singkal dua arah. Saya memberikan contoh gambar bajak singkal yang dua arah.

bajak-singkal-dua-arah-min

4. Garu sisir

Garu sisir di gunakan setelah pengolahan bajak sangkal, proses ini di lakukan pada sawah saat keadaan basah, agar tanah yang bongkah bongkah tadi bisa gembur.

garu sisir-min

 

5. Garu piring

Garu piringan ini bisa di gunakan pada awal sebelum penanaman yaitu mebersihkan rumput atau sesudah penanaman benih yang di sebar lalu untuk menutupi dengan tanah bisa dengan bantuan garu piring ini.

garu-piring-min

 

6. Bajak Subsoil

Alat ini mampu digunakan untuk memecahkan tanah hingga kedalaman 20 sampai 36 inci. Biasanya untuk sejenis pembuatan parit pada media tanam.

Bajak Subsoil-min

Mesin Tanam

Mesin pertanian di sini berfungsi sebagai alat bantu petani untuk mengatasi masalah keterbatasan tenaga kerja. Dalam poin ini penggunaan mesin pertanian juga dapat membantu para petani dalam memperluas garapan dan intensitas tanam serta pelaksanaan kegiatan yang tepat waktu. Penanaman yaitu proses penempatan benih atau biji kedalam tanah dengan kedalam tertentu, atau menyebarluaskan biji ke permukaan tanah yang bertujuan untuk mendapatkan perkecambahan atau pertumbuhan tanaman dengan baik. Ada beberapa contoh mesin tanam modern yang akan saya berikan gambarnya saja. Dan dengan begitu anda akan lebih jelas.

1. Mesin Penanam jagung (BW2BJG-4)

alat-tanam-jagung-min

2. Mesin Penanam padi (NSPU-68C)

mesin-tanam-padi-min

3. Mesin Penanam kentang (SE260 2-row Bunker Harvester)

alat-penanam-kentang-modern-min

Pemupukan dan pengendalian hama

Tidak hanya pada tanam dan pengolahan saja yang memiliki alat pertanian modern, tetapi pada proses pemupukan pun pabrik sudah menyiapkan alat untuk para petani agar mudah dalam proses perawatan tanaman.

1. Plastic mulch layer (Rain-Flow Model #1200)

plastik-tanaman-min

2. Mesin Penebar pupuk

mesin-penebar-pupuk-min

3. Semprotan (600-Gallon Sprayers)

mesin-penyemprot-tanaman-min

Irigasi

Irigasi atau pengairan pada tanaman adalah suatu hal yang pokok bukan ? Karena itu para ilmuan menciptakan mesin yang mampu mempermudah petani dalam proses pengairan tanaman yang di kelola. Banyak sekali jenis jenis mesin irigasi yang ada di dalam dunia pertanian, tapi saya hanya bisa menyediakan 3 jenis saja.

1. Mesin Irigasi (Irrigation machine)

Irrigation machine-min

2. Sprinkler

Sprinkler-min

3. Irigasi tetes

alat-penanam-kentang-min

Pemanenan dan Pasca panen

Mesin pemanenan dan pasca panen juga banyak sekali jenisnya, dengan kendala gambar yang kurang bagus dan gambar tidak boleh di duplikat, saya hanya bisa memberikan contoh alat pertanin di bawah

1. Pemanen kacang tanah

mesin-pemanen-kacang-tanah-min

2. Mesin Pemanen kentang

pemanen-kentang-min

3. Mesin Pemanen Tebu

mesin-pemanen-tebu-min

4. Mesin Pemanen wortel

mesin-pemanen-wortel-min

5. Mesin pemetik kapas

mesin-pemetik-kapas-min

6. Chaser bin (keranjang gandum)

wadah-panen-biji-gandum-min

7. Mesin Pengupas Kopi kering

mesin-pengupas-kopi-kering-min

JUAL PUPUK GRANULE

Walaupun dalam artikel ini banyak gambar dari pada penjelasan, semoga anda bisa memahami, dan dengan saya sebutkan perkata kunci di atasm anda bisa mendapatkan penjelasan detail di google per masing masing produk.

Alat pertanian di atas belum semuanya lengkap. Masih banyak sekali alat pertanian yang bisa membantu para petani untuk menggarap mulai dari pengolahan tanah sampai ke pengolahan hasil panen.

Jangan lupa share.

Baca Juga Artikel Ini:

loading...

11 Comments

  1. malik
      • Opi
        • me