60 Tahun UNHAS dan Peran Alumni Menghadapi PTN-BH UNHAS

Hallo apa kabar semuanya, saya harap akan selalu baik dan selalu diberi kebahagian. Kali ini saya ingin menuliskan artikel mengenai Universitas ternama di Sulawesi. Unhas telah membawa banyak lulusan yang berkualitas di masing masing bidangnya, dan selamat atas 60 Tahun untuk UNHAS. Arikel ini membahas mengenai Peran Alumni Menghadapi PTN-BH UNHAS serta Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Universitas Hasanudin

Selamat ulang tahun universitas UNHAS yang ke 60 tepatnya pada 11 Juni 2016 medatatang. Dengan bertambahnya umur universitas tertua di Sulawesi selatan ini, mudah-mudahan selalu menjadi pilihan para calon mahasiswa daerah dan luar daerah. Serta dapat mencapai misi dan visi yang saat ini belum tercapai. Dan selalu menjadi universitas terbaik dan bermasyarakat.

UNHAS sendiri adalah singkatan dari Universitas Hasanudin. Perguruan tinggi negeri di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 11 Juni 1956. Dengan umurnya saat ini hampir 60 tahun, UNHAS pun menjadi unversitas yang terus berkembang dam semakin maju. Di tambah lagi ada kabar baik dari UNHAS yaitu pada 22 Juli 2015 Universitas Hasanuddin telah ditetapkan oleh Presiden RI menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum (disingkat PTNBH). Dan ini adalah sebuah gelar yang patut untuk ditiru untuk universitas lain, karena pada prinsip PTNBH adalah, universitas yang memiliki entitas hukum mandiri, tetapi masih dalam lingkup Kemendikbud.

PTNBH memiliki otonomi yang lebih besar dalam mengelola organisasi dan dalam proses pengelolaan keuangan. Memiliki kewenangan mandiri baik akademik maupun non akademik. Serta menjadikan mahasiswa memiliki kemampuan yang adaptif dan lentur/luwes, mempunyai kemampuan belajar sepanjang hayat, kritis, inovatif, kreatif dan mampu bekerja sama.

Jika di tinjau dari maksutd PTN-BH sendiri, para mahasiswa, calon lulusan, dan alumni UNHAS harus berbangga. Karena perguruan tinggi yang dimiliki mampu mendapatkan gelar sebagai Universitas berbadan hukum. Yang mana saran dan inovasi dari mahasiswa, alumni, maupun dosen, dapat di jadikan sebagai kurikulum di universitas tersebut. Dan harapannya didapatkan lulusan yang lebih unggul dari universitas lain di Imdonesia.

Dalam mencapai hasil, itu semua tidak luput dari upaya pengurus, dosen, alumni dan mahasiswa untuk terus berusaha memberikan yang terbaik untuk UNHAS. Berupaya lebih keras untuk menjadikan unhas untuk lebih unggul dari perguruan tinggi lain. Sebagai universitas terbaik, tentunya tidak hanya cukup mempunyai prestasi dari pemerintah saja. Sudah banyak sekali prestasi yang dimiliki oleh UNHAS. 120 semester telah di tempuh, juga memberikan fasilitas terbaik untuk para mahasiswa dalam proses mengajar baik dari akademik ataupun non akademik. Dan tentunya ini menjadi nilai tambah yang dimiliki UNHAS, yang ada di dalam universitas tersebut merasa bangga dan sangat senang karena di perhatikan betul akan pendidikannya.

Tidak hanya itu saja UNHAS juga menyiapkan lulusan yang unggul dalam bidangnya, dan salah satu tujuan utama adalah sebagai “Pusat Unggulan Dalam Pengembangan Insani”, ini artinya menjadikan manusia yang unggul dalam segala bidang yang di tekuni.

Berbicara tentang MEA atau Masyarakat ekonomi asean.  Sebuah asosiasi dalam pemberdayaan kebutuhan ekonomi yang baik untuk negara ASEAN dengan cara menerapkan perdagangan bebas khusus wilayah ASEAN. Ini adalah sebuah inovasi yang bagus untuk meningkatkan pendapatan ekonomi suatu negara. Tidak hanya pedagangan saja, semua orang yang ada dalam lingkup ASEAN dengan bebas memilih pekerjaan di bidang keahliannya. Jadi, lapangan pekerjaan semakin luas, tidak untuk negara sendiri namun untuk negara lain juga. Jika di pandang secara singkat saja, maka akan banyak peluang pekerjaan baru yang akan bisa kita kerjaan. Tetapi pada kenyatannya, kita harus bersaing dengan orang luar negeri untuk mendapatkan pekerjaan itu. Keahlianlah yang mampu mengalahkan orang asing dalam merebutkan dunia kerja. Jadi seorang alumni haruslah mempunyai bekal yang cukup, tidak hanya dari segi akademik, namun dari skil yang unggul sangat diperlukan untuk kedepannya.

Upaya terbaik untuk alumni unhas agar membentuk negeri ini lebih maju dan dapat mensejahterakan masyaraktnya, perlu prilaku yang inspiratif, inovatif dan kreatif. Dalam pembentukan kemajuan sebuah negara, alumni unhas juga harus ikhtiar dan berdoa.

UNHAS sudah memberikan yang terbaik untuk mengantarkan mahasiswa ke strata yang lebih baik. Sekarang giliran lulusan atau almuni UNHAS memenuhi kewajibannya. Kewajibannya pun tidaklah sulit, jadilah alumni yang bermanfaat, unggul, dan selalu membawa nama baik UNHAS serta menjadi manusia yang berilmu pengetahuan yang luas. Saat ini, tidak luput dari peran seorang alumni dalam mengadapi MEA, tentunya para alumni tidak hanya menunggu panggilan pekerjaan saja, tetapi juga harus lebih aktif dalam mencari infomasi pekerjaan, atau yang lebih bagus lagi adalah menggunakan skil dan kepintarannya untuk membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan. Banyak dari alumni universitas yang berfikir untuk mencari kerja dan kerja. Sesekali alimni UNHAS juga harus berfikir, gimana cara menciptakan peluang pekerjaan untuk mereka yang membutuhkan pekerjaan. Stay class. Selalu sukses Universitas Hasanudin dan menjadi pilihan terbaik.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Universitas Hasanudin dan alumninya yang biasa di sebut juga dengan komunitas IKA UNHAS bisa mengunjungi akun media sosial facebook dan twitter dengan klik gambar ini

ads ads1

unhas

loading...

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *