5 Hasil Pertanian Indonesia yang Laku Diekspor

Sudah lama saekali saya tidak posting artikel mengani pertanian, kali ini saya ingin berbagi artikel yang isinya tentang produk pertanian indonesia yang laku di ekspor. Tau sendiri kan, kalau soal pertanian, indonesia juga tidak kalah dengan negara lain. Indonesia mampu meng ekspor produk pertaniannya, karena memang jumlah yang di hasilkan sangat melimpah. Selain hasil melimpah, produk pertanian yang ada di indonesia yang laku ini adalah produk yang langka di negara negara peng ekpsor.

Bila anda ingin memulai bisnis import produk pertanian, artikel ini bisa dijadikan referensi. Tetapi bukan berarti produk lain selain yang akan saya sebutkan tidak laku di negara lain. Hasil pertanian yang akan saya sebutkan ini merupakan hasil pertanian yang paling populer dan banyak di butuhkan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, total ekspor hasil produk pertanian Indonesia mencapai US$ 423,4 juta. Mengalami penurunan 8,61% dibandingkan bulan sebelumnya. Secara akumulasi Januari-Mei 2015, ekspornya adalah US$ 2,2 miliar.

Sumber tersebut datang dari badan pusat statistik yaitu BPS dan berikut ini adalah produk produk pertanian yang laku di ekspor serta penjelasannya

5 Hasil Pertanian Indonesia yang Laku Diekspor

Tembakau

Kita ketahui bersama bahwa memang indonesia adalah salah satu negara penghasil tembakau terbaik jadi tidak dapat dipungkiri bila indonesia mampu memasok tembakau untuk beberapa negara di dunia.

Tembakau diekspor pada Mei sebesar US$ 7,9 juta, naik 79,22% dibandingkan bulan lalu. Secara akumulasi tercatat US$ 33,5 juta.

Biji coklat

Coklat indonesia merupakan coklat terbaik, namun indonesia belum mampu mengelolanya dengan maksimal. Untuk itu banyak negara yang menginginkan coklat dari indonesia.

Ekspor biji coklat pada Mei adalah US$ 8,7 juta. Naik 16,08% dibandingkan April 2015. Dari Januari-Mei 2015, ekspornya mencapai US$ 37,1 juta

Rempah-rempah

Tempatnya rempah rempah, semua bumbu bisa didapatkan di tanah nusantara. Rempah merupakan produk pertanian yang permintaanya stabil.

Ekspor rempah-rempah turun 21,13% dibandingkan bulan sebelumnya, menjadi US$ 34,9 juta. Akumulasi dalam lima bulan tahun ini adalah US$ 211,5 juta. Contoh rempah-rempah ini adalah lada hitam, lada putih, kayu manis, biji pala, vanili, dan lainnya.

Baca artikel terkait jenis rempah rempah yang di eksport

Udang

Udang dan jenis perikanan lain masih menjadi produk pertanian yang populer. Indonesia merupakan negara yang memiliki luas laut 3 x lebih besar dari daratannya. Potensi hasil laut pun menjadi melimpah, itu yang membuat indonesia mampu meng ekspor produk perikanan.

Nominal ekspornya pada Mei turun 11,96% menjadi US$ 109,2 juta. Secara akumulasi tercatat US$ 583,6 juta.

Kopi

Salah satu kebun kopi dan produk kopi terbaik adalah indonesia. Tidak heran bila petani kopi dan para pembisnis pertanian banyak dapat orderan untuk mengirimkan hasil kopinya di negara negara maju.

Kopi diekspor pada Mei sebesar US$ 90,5 juta. Turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 8,3%. Akumulasinya adalah US$ 463,8 juta.

Sekarang banyak orang yang menginginkan bisnis eksport import , anda jangan sampai ketinggalan ya. Semoga artikel ini bermanfaat. Tunggu artikel menarik lainnya.

Dalam beberapa waktu kebelakang, blog ini saya ikutkan dalam ajang kontes seo, jadi artikel yang di tampilkan tidak berkualitas sama sekali.

Salam hangat 🙂

loading...

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *