Prospek Kerja Agribisnis Sangat Banyak Sekali, Ini 1 Contohnya

Prospek Kerja Agribisnis – Hallo apa kabar ? saya mau meramal mungkin di antara kalian masih ada yang ragu tentang jurusan kuliah ini, saya akan katakan kalian itu kurang wawasan jika menganggap agribisnis adalah kuliah yang tidak memiliki potensi kerja yang bagus. Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas banyak mengenai apa itu agribisnis. Karena saya yakin kalian sudah pada tau apa itu agribisnis, singkat saja begini agribisnis itu dalam kamus kbbi adalah agrobisnis, pengertian yang bisa saya ambil adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang pertanian. Pada konsepnya, usaha ini mencakup atau merujuk pada sektor pangan makhluk hidup. Jadi bisa dikatakan prospek kerja agribisnis sangat luas sekali ruang lingkupnya dari hulu hingga hilir.

Jadi agribisnis itu bukan orang yang selalu berada di sawah ya, tolong di ingat, bukan selalu di sawah.  Kuliah jurusan agribisnis lebih banyak membahas mengenai sebuah bisnis dan tata cara mengelola lingkungan agar lebih efektif. Bisnis dibidang pertanian juga tidak hanya perkebunan, tetapi mencakup perternakan perikanan dan kehutanna. Mungkin dikampus tidak akan belajar banyak mengenai perkebunan, perikanan dan peternakan, yang di pelajari adalah cara bisnis yang baik dan efisien.

Baca juga :

Jadi begini teman, agribisnis itu bidangnya sangat luas, jika anda mau kaya, bergelut lah di dunia agriculture. Indonesia bisa mengalahkan negara lain di dunia ini, dengan agriculture nya. Mau gaji berapa itu tergantung keinginan anda

Jurusan agribisnis kerjanya gimana

Bedakan kata bekerja dan berbisnis ya teman, kalau kerja mungkin kita akan tertuntut waktu yang sudah ditentukan, namun bila berbisnis kita yang menentukan waktu untuk proyek yang akan kita kerjakan. Untuk menciptakan sebuah peluang bisnis dibidang agribisnis bukan perkaraya yang mudah. Perlu yang skil dalam menjalankannya. Saya ada 1 contoh yang sangat sederhana sekali, dan mungkin anda bisa langsung tahu bagaimana peluang berbisinis di bidang agribisnis. Dalam 1 komoditas saja, sudah menghasilkan berbagai produk yang dapat menghasilkan rupiah.

contoh kerja agribisnis

Dari gambar di atas, seekor sapi bisa menjadi banyak sekali produk yang dihasilkan, itu hanya dari sapi. Dari gambar diatas juga bisa kita ambil sebagai contoj maksud dari hulu dan hilir pada paragraf awal tadi. Yang dimaksud hilir adalah pada pengolahan sapinya, dan hilir adalah produk seperti sosis dan sebagainya. Masih bingung? tanyakan saja dikolom komentar. Jika anda mau mengelola 1 bidang saja dari hasil sapi di atas dengan konsisten, tidak menutup kemungkinan anda akan cepat kaya. Apalagi jika mampu mengelola semua bidang dari hulu sampai kehilirnya. Itulah agribisnis bukan sekedar tau unsur tanah dosis pupuk dan jenis tanaman tahunan, dan tanaman berumur pendek. Agribisnis lebih dari pada itu.

Baca juga artikel ini : Agroteknologi.web.id Sumber Informasi Pertanian Indonesia

Jika setelah lulus anda memutuskan untuk menjadi manajer atau dosesn juga bisa, dari jurusan agribisnis tidak harus selalu bisinis. Menjadi pengabdi negara juga dapat menjadi pilihan terbaik. Saat ini indonesia membutuhkan lulusan lususan agribisnis yang memiliki kemampuan yang hebat, untuk membantu negeri ini dalam membangun perekonomian negara lewat bidang agribisnis. Ada beberapa contoh untuk peluang kerja setelah lulus dari jurusan agribisnis

Prospek kerja agribisnis

No.Peluang
1Pegawai Negeri Sipil (PNS) bidang Pertanian Kementrian, Dinas Provinsi, Dinas Kabupaten/Kota.
2Tenaga Pengajar seperti Dosen.
3Peneliti di LIPI dan badan-badan peneliti lainnya.
4Badan Perencana Pembangunan Daerah (BAPPEDA).
5Badan Pusat Statistik (BPS).
6Dinas Koperasi.
7Bulog/Dolog.
8Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
9Di Perusahaan/BUMN.
10Bank Pemerintah/Swasta.
11Lembaga Keuangan, Asuransi.
12Perusahaan Pengadaan Sarana Produksi Pertanian.
13Lembaga Swadaya Masyarakat.
14Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD).
15Koperasi Unit Desa (KUD).
16Perusahaan Konsultan Agribisnis.
17Konsultan di Bidang pertanian.
18Membuka Usaha Pembibitan dan Pembuatan Pupuk atau Pestisida.
19Wirausaha seperti usaha kebutuhan Sandang, Pangan, Papan.

Sumber: http://agribisnis01.blogspot.co.id/

Jurusan agribisnis juga dibutuhkan di bank bank Indonesia loh. Hal ini terjadi terkait kebijakan yang diberikan pemerintah terkait pinjam meminjam antar petani dan bank. Di bank pun seorang agribisnis tidak ditempatkan hanya sebagai staf, namun sebagai manager khusus bidang pengelolaan uang pada petani.

Sip kan? 😀 ayo kuliah di agribisnis

Jadi kesimpulan dari artikel ini adalah, jangan meremehkan jurusan kuliah, jika anda suka di bidang tersebut dan sudah bisa mengikuti, jangan pernah dirubah-rubah lagi, fokus dan tatap impian yang ingin anda capai. Dengan cara apapun itu pasti bisa terwujud. Sekian artikel Prospek Kerja Agribisnis Selalu latih skill dan harus tetap berkelas.

Artikel prospek agribisnis di situs peluang usaha ini dicari dengan kata kunci :, kerja lulusan agribisnis, pengertian agribisnis, cara menentukan jurusan kuliah, gaji agribisnis.

me

Saya sangat suka dengan teknologi, bisnis, dan pertanian. Kegiatan saya saat ini adalah penulis lepas dan melanjutkan studi dibidang Agribisnis.

Mungkin Anda juga menyukai

68 Respon

  1. saliman berkata:

    Semua pekerjaan kalau kita tahu teknis ataupun peluangnya, sekalipun tukang sampah pun tak harus kerjanya memungut sampah,namun cukup jadi pengepul sampah. Apalagi dengan memilih agribisnis pastinya teman-teman semua yang membaca artikel ini lebih berpeluang memiliki segudang usaha seputar ternak dan perkebunan/persawahan

  2. Danu berkata:

    iya mas, sebenarnya artikel ini mengajak para pembaca untuk tidak meremehkan profesi apapun, seperti yang mas saliman katakan jika orang tau teknis kerja pasti akan mendapatkan apa yang di inginkan.

  3. Arif Setiawan berkata:

    Kalau tau gini pengen pindah jurusan pak jadi Agribisnis. 😀 Memang usaha di bidang bisnis itu untungnya jauh lebih banyak daripada yang cuma ngikut kerja jadi pegawai. Dengan kesungguhan kita menekuni bisnis tersebut maka hasilnya pun juga akan maksimal. Bener gak pak Danu? 😀

  4. Danu berkata:

    Jangan pak tetap fokus saja, kalau pindah pindah gak selesai nanti, kalau mau bisnis dalam pertanian gak harus jadi mahasiswa pertanian, artikel ini bertujuan untuk pembaca agar selalu menghargai setiap profesi, dan untuk menekankan bahwa agribisnis bukan yang kerjanya hanya di sawah dan jadi petani murni. Iya benar pak semua usaha kalau di jalankan dengan sungguh sungguh pasti ada hasilnya, terimakasih atas kunjungannya pak arif 😀

  5. saliman berkata:

    Namun yang saya lihat kebanyakan orang-orang sekarang lebih ingin mendapat pekerjaan yang wah/kantoran dibanding punya usaha sendiri. kalau begtu kapan mau maju

  6. Danu berkata:

    sudut pandang seseorang berbeda beda pak saliman, kita sebagai makhluk yang sama tidak bisa memaksakan. Besyukurlah pak saliman bisa keluar dari zona yang di miliki kebanyakan orang. bangsa ini akan maju jika masyarakatnya pintar dan berani pak, bukan masalah nilai tinggi.

  7. Semoga mahasiswa2 sekarang tetap konsisten ketika lulus dengan ide kreatif – kreatif mereka berusaha dan berprestasi sesuai ilmu yng dipelajari saat kuliah 🙂 . terlebih seperti jurusan2 begini

  8. Danu berkata:

    iya pak, tetap fokus da kreatif

  9. saliman berkata:

    wah begitu ya pak Danu, blog ini pasti sangat maju kedepannya karena menyajikan sesuatu yang sangat penting bagi kemajuan para pengusaha. Dan saya sangat mendukung sekali ketika blog ini memuat tentang solusi bisnis-bisnis kecil dengan modal yang kecil namun frofit tinggi

  10. Danu berkata:

    terimakasih mas atas dukungannya. Saya usahakan untuk selalu memberikan informasi yang bermanfaat untuk pengunjung

  11. hannah situmorang berkata:

    Yg di utamakan di agribisnis ini
    Mengenai pelajaran apa ya??
    Terus beda nya sama agroteknologi apa?
    Terima kasih ?

  12. me berkata:

    Pelajaran mungkin masih relatif banyak, tergantung pada universitasnya. Lebih fokus ke strategi pemasaran, dan perusahaan. Tentunya membahas seputar pertanian
    Agribisnis akan membahas menganai manajemen bisnis / pemasaran hasil pertanian, dan agrotekonologi akan membahas mengenai teknik / cara membudidayakan, mengembangkan produk pertanian.

  13. WARIDHO berkata:

    YOI GAN

  14. Nabilla berkata:

    Jangan lupa tambahin bisa kerja di Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan hihiw
    mereka butuh agribisnis kaya kita untuk menjadi penengah semacam kebijakan kredit untuk pertanian supaya tepat sasaran. karena kita sering ke lapangan, jelas tau banget sifat petani kaya apa dibanding mereka yang hanya membuat kebijakan aja. hehehe

  15. me berkata:

    Sip terimakasih sobat. salam agribisnis.

  16. Rizky berkata:

    Saya ingin kesini, tahun ini saya sudah diterima di jurusan ini di PTN yg ternama lagi di bogor, tapi sayangnya saya tidak di izinkan, moga moga dengan membaca blog ini orang tua saya meng izinkan saya utk kuliah di jurusan ini tahun depan

  17. artikel yang sangat bermanfaat dan membantu sekali..

  18. Garry Marpahiko berkata:

    Apa aja sih pandangan orang terhadap lulusan agribisnis?
    Tolong jelaskan Pak Dani, mengenai stigma positif dan negatif dari lulusan agribisnis.
    Dan saya sangat ingin tahu ttg pandangan negatif nya.
    Terimakasih

  19. Nila Widya berkata:

    Jadi jurusan agribisnis itu menjanjikan ya. Berarti saya gak slah milih jurusan agribisnis untuk kuliah saya esok.. karena sekarang saya masih 3 Sma.. jadi masih proses penentuan jurusan kuliah…

  20. rini amanah berkata:

    Tips biar masuk di PTN bogor gymna ka?

  21. me berkata:

    Tidak ada tips tersembunyi, mbak rini bisa masuk di universitas apa saja bila kemampuan akademis mbak rini bagus dan layak. Salah satunya dengan belajar seirus.

  22. Amel berkata:

    Terimakasih infonya, sangat bermanfaat ka, jadi makin yakin masuk jurusan agribisnis. Boleh minta kontaknya ga ka buat nanya nanya.

  23. me berkata:

    Hubungi saya lewat form kontak saja mbak, nanti saya balas lewat email

  24. Rahma berkata:

    sy mau ambil jurusan agribisnis, tp masih bingung mw dimana?
    Kalo di UB bagus ndak? Mana bagusan di UB atau di UGM?
    #Mohondirespon

  25. me berkata:

    Brawijaya maupun ugm sama bagusnya mbak. Karena masing masing sudah terakreditasi A. Untuk keterangan lebih lanjut terkait fasilitas kampusnya, mungin bisa langsung menghubungi kontak universitasnya.

    Aku lebih merekomendasikan di UB, karena kalau di UGM, akan lebih fokus pembahasan mengenai sosial budaya pertanian. Sedangkan pengertian agribisnis sendiri lebih umum

  26. Victor Johanis berkata:

    Agribisnis. Saya alumni Fakultas Ekonomi, jurusan Manajemen, Universitas Palangkaraya. Saya bekerja di Perhotelan (sejak 2010 – sekarang). Namun saya juga menjalankan dan menekuni Agribisnis Perkebunan. Tepatnya Kelapa Sawit. Berkebun hoby saya sejak kecil. Sektor perkebunan Kelapa Sawit salah salah satu yang menggerak’kan perekonomian Indonesia. Love Agrbisnis, Love Indonesia.

  27. teguh berkata:

    kak. kalo masuk agribisnis di UT gimana ya ?? prospek kah ?

  28. me berkata:

    Prospek pak

  29. teguh berkata:

    siap. insyaAllah taun ini masuk. terima kasih infonya kak. semoga bermanfaat 😀

  30. RozimiSaputra berkata:

    Kalo menurut saya, agribisnis sama dgn pengusaha gaji nya ngk bisa di itung, maksudnya, pemasukan setiap Bulan nya tidaj menentu. Tq

  31. susan berkata:

    Saya sementara ambil jurusan agribisnis di unkriswina sumba dan masuk semester 2, makasih pak blog nya..boleh minta saya email ko?

  32. ardhi berkata:

    Kalo anda bang? Selain jadi penulis lepas, prospek kerjanya ingin yang kaya apa bang dari daftar yang abang ngepost itu diatas? Kenapa saya bertanya, Karna ketertarikan saya pada bidang agribisnis itu yang saya cita citakan

  33. Febri berkata:

    Mas dan bisa letak no handphone itu PIN BB biar bisa ledih mendalam dalam mendalami ilmu agribisnis

  34. Wahyudi berkata:

    Tolong dong pak di share alumni jurusan agribisnis sudah kerja di mana saja?

  35. me berkata:

    Oke pak, nanti saya carikan informasinya

  36. me berkata:

    Hubungi lewat kontak aja dulu mas, nanti saya balas nomor hp

  37. Ridho berkata:

    Saya pengen ngambil agribisnis tapi tidak di setujui orang tua, bagaimana cara meyakinkanya

  38. johansen RAJAGUKGUK berkata:

    saya pengen ngambil jurusan agribisnis,
    muda mudahan saya masuk,saya akan buktinya bahwa jurusan agribisnis itu,dapat membawa kebahagiaan

  39. Anonim berkata:

    Kalau di BPS (Badan Pusat Statistik), lulusan agribisnis dibutuhkan sebagai apa? Karena saya kira hanya untuk statistis

  40. winada fajar salimah berkata:

    Untuk prospek 5tahun kedepan kira2 pertanian dan perindustrian lebih besar mana Kak? Lalu bagaimana Cara kita untuk mengembangkan pertanian di indonesia dengan adanya berbagai bidang industri?
    Terimakasih.

  41. me berkata:

    Industri dan pertanian akan sama-sama berkembang dek, industri akan semakin canggih begitu juga dengan program-program pertanian yang semakin modern.
    Kalau dari kitanya, kita bisa mengembangkan produk produk pertanian tidak hanya di jual mentah saja, tapi menjadi bahan olahan. Untuk ekternal bisa di dukung dengan
    1. Harus ada perhatian pemerintah secara lebih mendalam
    2. Harga komoditas harus lebih di kontrol, ini upaya pemerintah juga.
    3. Etos kerja pertanian yang tinggi.
    4. Teknologi yang digunakan petani harus terus di kembangkan.

    Pertanian dan industri akan terus tumbuh sesuai perkembangan jaman. Hanya itu saja

  42. FAUZI berkata:

    Saya tamatan SMK Listrik, tetapi thun ini Saya ingin masuk ke dunia AGRO. Krena Saya lebih tertarik dengan Pertanian. Tetapi Saya masih bingung dengan cara kerja di AGRIBISNIS ini.
    Di Agribisnis Kita kerjanya seperti apa sih? Terus Kita ngapai Aja. Contohnya aja di perusahaan Swasta.
    Trimaksi, mhon respon Ya Kak Danu?

  43. Anonim berkata:

    Kak perbedaan agrobisnis perikanan sama pertanian apa ya?

  44. me berkata:

    Perikanan bagian dari pertanian, agribisnis adalah jurusan kuliah 😀

  45. heru yulian berkata:

    kak saya heru yulian dan tahun ini alhamdullilah di terima di jurusan agribisnis USU.
    nah saya mau tanyakan bang saya ni lagi bingung mau ambil tuh jurusan atau gak karena banyak yang bilang jurusan ini alumninya pada nggagur atau kerja di badan yang tidak sejalan dengan ilmu yang dia dapatkan di kampus.pertayaannya adlah apalah pernyataan tadi benar adanya?

  46. me berkata:

    Kamu ingin kerja dimana itu yang menentukan kamu sendiri dek, bukan masalah jurusan. Jurusan agribisnis membahas tentang bisnis di pertanian. Sampean kalau memang benar mampu, bisa saja menjadi seorang manajer besar disebuah perusahaan pertanian. Atau kalau memang tidak ingin jadi karyawan, dengan basic pemasaran dan ekonomi, sampean bisa menjadi seorang pengusaha di bidang pertanian. Untuk prospek kerjanya sendiri bisa baca di artikel di atas, bisa menjadi seorang dosen, kerja di pemerintahan dan lain lain. Kalau memang masih ragu, coba tanyakan ke orang tua. Coba baca ini https://danuadji.com/apa-perbedaan-agroteknologi-dan-agribisnis/ mudah mudahan membantu, saya gak bisa bilang kalau jurusan ini adalah jurusan terbaik. Kembali ke orangnya lagi. Namun pernyataan yang disampaikan orang orang itu salah. Kita mau kerja dimana itu yang menentukan kita sendiri bukan jurusannya

  47. Roza berkata:

    Bedanya agribisnis sama agroteknologi apa ya? Prospek kerjanya lebih luas yang manna?
    Terimakasih

  48. Anonim berkata:

    Kak saya masih bingung , lebih baik memilih jurusan agribisnis atau kehutanan ?

  49. me berkata:

    Agribisnis lebih menjurus ke ekonomi, profit, produk pertanian. Program Studi Kehutanan mencoba untuk memberikan pengetahuan keahlian dasar ilmu kehutanan yang juga dibekali dengan peningkatan kemampuan psikomotorik untuk memberikan keterampilan-keterampilan lapangan yang dibutuhkan baik melalui praktek mata kuliah dasar terkait prinsip-prinsip ekologi umum dan hutan, identifikasi jenis pohon, dan praktek mata kuliah keahlian seperti kegiatan terkait budidaya hutan, perencanaan hutan, pemanenan hutan, pengelolaan hutan lestari, kebijakan-kebijakan di bidang kehutanan, penanganan masalah sosial kehutanan hingga praktek pengolahan dan pemanfaatan hasil hutan. Selain itu, mahasiswa juga diberikan peluang untuk mengembangkan diri dan mengaplikasikan ilmunya dalam praktek lapang/magang pada institusi kehutanan/perusahaan yang bergerak di bidang kehutanan.

  50. Tri Mulya berkata:

    Kalau jurusan Agribisnis di UKSW bagus tidak, terimakasih

  51. Bella berkata:

    Hallo kak blognya bagus sangat bermanfaat, Ku Suka hehee
    Ka lulusan tahun Ini yang basic nya Ips Tapi kayanya Aku kecantol Sama jurusan agribisnis.
    Awalnya sih mandang aneh ya Sama org yg ambil jurusan dibidang pertanian peternakan Tapi sekarang setelah kenal yang namanya dunia usaha jadi mulai kepikaran enak juga punya usaha dibidang tersebut.
    Aku bingung Mau ambil jurusan manajemen atau agribisnis
    Soalnya Kalo manajemen Kalo Kita punya usaha Kita bisa tau Kemana aja alur uangnya kan ya Tapi Kita Ga Dapet ilmu yang bisa Kita terapin jadi bahan usaha Kita nantinya, sedangkan agribisnis Kita kan bisa Dapet ilmu Dan bisa Kita terapin ilmunya berupa prodak contohnya uuntuk dijualkan.
    Pertanyaan Aku Kalau Kita Mau bergelut di dunia usaha lebih klop ambil jurusan manajemen atau agribisnis ya Ka?
    Terus apakah anak IPS bisa masuk jurusan agribisnis yang gapunya basic IPA nya?
    Apa pembelajaran di agribisnis sulit Dan Ga segampang yang Saya pikirkan untuk bikin usaha? Soalnya lulusannya Kebanyakan Lari dari bidangnya Dia

    Kalau Boleh Aku Minta Kontak line/wa kaka yaa, trimakasih:)

  52. me berkata:

    Maaf , saya kurang tahu mbak dan Bisa cek sendiri di ban-pt-universitas

  53. me berkata:

    Halo mbak bella, jurusan IPS bisa masuk ke agribisnis. Semua jurusan tersebut akan berhubungan dengan bisnis jadi mau ambil apa saja tidak papa. capsdank

    Sulit tidaknya belajar tergantung orangnya mbak. Kalau bagi saya agribisnis masih bisa dikendalikan

  54. mira berkata:

    Mas teguh mau masuk Agribisnis UT jg kh? Sama nih mas kalau mau

  55. Glenn berkata:

    Kalau Mau masuk Sma ,Sebaiknya Ngambil jurusan Ips ya,supaya lebih mudah masuk kuliah ngambil Agribisnis nya??

  56. RIFA'I ABDUL KARIM berkata:

    agribisnis ada 3 minat;
    1. agrofarmaka
    2. holtikltUra
    3. peternakan
    tolong dijelaskan , krn sy masih bingUng. terima kasih.

  57. me berkata:

    Perbaiki dulu cara bertanya mas, nanti saya bantu jelaskan 🙂 Perusahaan besar tidak cuma butuh orang pintar loh, tapi etitutnya juga dibutuhkan. Terimakasih sudah berkunjung

    Singkat jawaban dari saya, agrofarmaka = tanaman obat, holtikurtur = sayuran peternakan = ternak

  58. Steph Kalem berkata:

    Sukses itu tidak ditentukan oleh siapa yang memulai terlebih dahulu. Tapi siapa yang tak berhenti untuk terus berinovasi dan membuat perubahan yang lebih baik..

    seperti jurusan agribisnis ini
    siapa yg tak berhenti berinovasi dan membuat perubahan yang lebih baik, pasti sukses akan menanti…

    sukses selalu untuk admin, dengan membaca artikel ini pengetahuan saya tentang dunia agribisnis semakin bertambah, terimakasih…

  59. Anonim berkata:

    Terimakasih min dengan membaca artikel ini saya jadi lebih yakin dengn agribisnis?

  60. Teofilliusyorris berkata:

    Situs ini sangat membantu bagi sang pembacanya ,bukan hanya untuk orang yang kuliah di bidang agribisnis saja tetapi juga untuk masyarakat luas agar lebih mendalami berbagai macam jenis bisnis yang dapat dipelajari oleh masyarakat luas .

  61. Allee berkata:

    kalau di agribisnis matematikanya njlimet apa kagak min…

  62. esi berkata:

    Maaf mas saya boleh minta id line nya?

  63. Edorya Sihombing berkata:

    Bang, saya mau bertanya.
    Saya sekarang kuliah di Politeknik Teknologi Kimia Industri jurusan Agribisnis Kelapa Sawit. Dan sekarang mau menjalani semester 3.
    Bagaimanakah prospek kerja jurusan tersebut bagi saya seorang wanita, Karena jurusanku ini masih baru yakni angkatan kedua.
    Terima kasih.
    Mohon direspon bang???

  64. Anonim berkata:

    kalau saya di ipb diploma agribisnis itu rumit tapi asyik

Tinggalkan Balasan ke Nabilla Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.