Perawatan Sederhana Buah Naga Dalam Pot

buah-naga-dalam-pot

Mungkin ada teman-teman disini yang sedang atau baru mau membudidayakan buah naga di pekarangan rumah ataupun di kebun dengan menggunakan pot. Jika saat ini anda membutuhkan informasi mengenai pemupukan buah naga di dalam pot, di artikel inilah saya admin danuadji.com ingin berbagi pengalaman singkat mengenai pemupukan buah naga di dalam pot agar, panen buahnya banyak dan besar besar. Karena dengan perawatan dan pemupukan yang tepat nutrisi tanaman akan terpenuhi dengan maksimal.

Dalam perawatan tanaman buah naga, perlu di perhatikan juga kondisi lingkungan di dalam pot. Biasanya dalam kurun waktu tidak lebih dari 10 hari, rumput akan mulai menutupi bagain tanah di dalam pot, ini harus di bersihkan demi menjaga kestabilan nutrisi pada tanaman buah naga, agar tidak berebut makanan dengan rumput. Selain itu selama pembersihan sebaiknya rumput janga di buang tinggalkan rumput tetap di atas pot agar menjadi pupuk alami pada tanaman.

Dalam usaha pemupukan ada yang harus  di perhatikan, mulai dari waktu hingga takaran pupuk yang tepat. biasanya pupuk tanaman buah naga yang saya pakai adalah SUPERNASA Granule dan di tambah dengan pupuk NPK 16. Jadwal pemupukan yang baik adalah 1 sampai 1 setengah bulan sekali, dimana setiap pemupukan ada 4 luabang yang harus di isi pupuk.

Baca juga :

pupuk-buah-naga

Takaran yang biasa saya gunakan untuk memupuk tanaman naga adalah 10:4 yaitu 10kg adalah pupuk granule dan 4 kg pupuk NPK. Setiap 10kg supernasa granule bisa di gunakan untuk 50-55 pot tanaman buah naga. Maksud dari 4 lubang yang haru di isi adalah, sebelum memulai memupuk lobangilah tanah dalam pot menjadi 4 bagian, dan disitulah anda menaruh pupuknya. Kenapa kok harus di lubangi? pupuk npk bersifat gas yang pada akhirnya bila terkena udara terus menerus akan hilang, maka dari itu agar pemupukan lebih efektif yaitu dengan cara di timbun di dalam tanah.

Baca juga artikel ini : Agroteknologi.web.id Sumber Informasi Pertanian Indonesia

Untuk harga dari kedua pupuk di atas adalah

  1. SUPERNASA Granule      : Rp 200.000 per 10kg
  2. NPK 16+                              : Rp 14.000 per 1kg

Jika di hitung memang lumayan mahal untuk setiap 50 pot buah naga, tapi jika di bandingkan dengan hasil yang akan di peroleh, harga pupuk tersebut akan terbayar lunas. Selain untung hasil, untung juga untuk tanaman karena dengan pemupukan yang teratur, maka tanaman akan tumbuh subur dan terus menghasilkan buah yang besar.

Semoga tips di atas bisa membuat para budidaya buah naga menjadi lebih aktif dalam merawat buah naganya. Tunggu artikel selanjutnya mengenai buah naga. Terimakasih untuk yang sudah berkunjung.

loading...

6 Comments

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *