Peluang Usaha Ternak Lele Dengan Kolam Terpal

Mau usaha untung besar? bisnis ternak lele bisa menjadi pilihan untuk anda. Artikel ini hanya cerita pengalaman yang pernah saya alami dan masih saya jalani sampai sekarang. Siapa yang tidak mau untung jika berbisnis? pasti jawabannya adalah semua ingin untung, karena tujuan awal sebuah bisnis ialah mencari keuntungan sebanyak banyaknya entah itu keuntungan secara finansial ataupun keuntungan sosial. Semua tentang keuntungan, jika anda bisnis tetapi rugi terus berarti itu ada yang salah.

Kali ini saya ingin berbagi sedikit cerita mengenai bisnis ternak lele yang menguntungkan, kenapa saya bilang menguntungkan ? karena sampai saat ini bisnis tersebut masih saya jalani seperti biasanya.

kolam-terpal-untuk-lele

Analisa usaha ternak lele

Pada awal mula membuka usaha ternak lele, saya mendapatkan ide tersebut dari teman yang bersekolah di 1 universitas, setelah mendapat ide tersebut saya membuat rencana sedemikian rupa, mulai dari Lokasi, modal awal yang harus di keluarkan, pakan selama memelihara sampai panen, hingga biaya panen. Semua saya hitung dengan detail hingga suatu ketika saya siap untuk memulai usaha tersebut dengan dana yang dari donasi keluarga teman teman dan tabungan saya sendiri.

Pertama yang saya lakukan ketika memulai adalah menentukan lokasi, lokasi yang saya pilih adalah dimana lokasi tersebut dekat dengan air, yaitu bisa dari sumur dan selokan air yang biasanya mengaliri sawah. Lokasi tersebut juga saya pilih sesuai dengan kriteria khusus pembibitan lele yaitu yang bisa terkena sinar matahari, agar lele yang di hasilkan lebih bagus dan baik. Setelah itu saya mengajak rekan saya untuk menemui orang yang memiliki lahan untuk di sewa sebagai kolam ikan, dan ternyata boleh untuk di sewa dengan harga 4 juta pertahun dengan luas 1000 meter bidang tanah. Mulai dengan sering main ke lokasi tersebut dan mencari tenaga kerja untuk membatu pembuatan kolam terpal, dan tidak lama setalah memulai menyewa lokasi tersebut saya langsung membuat kolam terpal dengan bantuan orang dan terbuat lah dengan bagus kolam terpal yang akan saya gunakan untuk usaha ternak lele. Setelah itu saya memberikan air pada kolam dengan di campur batang pohon pisang selama kurang lebih 1 minggu, fungsinya untuk menumbuhkan plankton unutk makanan awal ikan lele yang akan saya masukkan kedalam kolam.

Baca juga Majukan Peternakan Indonesia Bersama Ilmuhewan.com

Setelah kolam siap untuk di masukkan ikan lele, saya memberikan 700 lele untuk setiap kolam, jadi sekitar ada 2800 bibit lele untuk 4 kolam. Setelah proses ini selesai lanjut lah masa masa memelihara lele lele yang berada di kolam, bukan tidak sedikit masalah yang saya hadapi, rintangan demi rintangan sering saya alami mulai dari telat memberi makan ikan lele, karena jarak yang lumayan jauh dari tempat tinggal dan kadang lupa, karena ini adalah bisnis usaha ternak lele pertama saya. Selain itu banyak juga ikan yang mati. Tetapi itu semua saya anggap lumrah, karena kejadian itu karena akibat saya kurang aktif dan tanggap dalam mengelola dan memelihara ternak lele tersebut. Tetapi dari situ saya mendapatkan pelajaran yang berharga mulai dari penyakit dan jenis makanan serta kondisi cuaca yang bahaya untuk lele.

Pada awalnya saya yakin sekali usaha lele ini akan untung besar seperti apa yang saya tuliskan di judul, tapi pada panen pertama saya mengalami kerugian sekitar 40% dari modal bibit dan pakan yang telah saya keluarkan. Tetapi saya mempunyai tekat bahwa usaha ini harus minimal bertahan 1 tahun, dan alhamdulillah sampai sekarang usaha ini masih berjalan dengan baik karena kerugian tersebut hanya saya rasakan di awal saya membuat kolam, setelah itu saya untung walaupun sedikit, tetapi dengan berjalannya wakti dari mulai panen pertama hingga ke 5 mengalami peningkatan keuntungan. Yang harus di perhatikan dalam usaha ternak lele adalah sikap tanggap kita kepada masalah yang di hadapi oleh ikan dan kebutuhan pasar.

Semoga cerita ini bisa membuat anda tidak takut untuk memulai usaha ternak lele.

Artikel peluang usaha ini dicari dengan kata kunci :, cara budidaya lele, modal usaha lele, harga terpal untuk kolam lele, ukuran kolam terpal, cara memperbanyak lele, budidaya benih lele

loading...