9 Peluang Usaha Pertanian Modern Yang Menjanjikan

Peluang Usaha Pertanian – Peluang usaha akan terus menerus ada di zaman modern ini apa lagi dengan berkembangnya teknologi yang canggih, kita dapat dengan mudah untuk menemukan inspirasi peluang usaha yang akan kita kerjakan melalui bantuan mbah google tentunya. Yang akan saya bahas kali ini adalah Peluang usaha di bidang pertanian.

Seiring berjalannya waktu dan makin canggihnya teknologi pertanian, kadang kala membuat kita lalai akan adanya prospek yang luar biasa menganai bisnis pertanian. yang kebanyakan orang pikirkan yaitu hanyalah memakai dan memakai fasilitas saja, jarang untuk memanfaatkan teknoogi ini sebagai sebuah peluang bisnis pertanian yang sangat luar biasa prospek keuntungannya.

Kita ketahui semua, bahwa dari sekian hasil pertanian adalah kebutuhan primer yang sangat wajib untuk di konsumsi oleh masyarakat. Keadaan ini yang sebenarnya harus di manfaatkan oleh orang yang mampu dan mau mengelola pertanian secara profesional.

Sebagai negara agraris, potensi bisnis pertanian masih tebuka lebar untuk masyarakat indonesia bagi mereka yang mempunyai ide kreatif.

Memulai sebuah usaha pertanian juga banyak pilihan mulai dari yang modal kecil, sedang hingga besar, semua tergantung pada modal anda. Baca juga bisnis mahasiswa

Yang dulunya kalo mau usaha pertanian harus di desa sekarang pun di kota juga bisa untuk memulai usaha pertanian. dengan adanya teknologi semua menjadi mungkin. dan dapat di lakukan dengan mudah jika kita mau menjalani prosesnya.

Sebagian besar masyarakat sudah mengetahui banyak sekali pengusaha pertanian yang bisa sukses dalam menjalani bisnisnya, dan ini adalah peluang usaha pertanian yang dapat anda jalankan juga dengan menggunakan kreatifitas yang anda miliki

Peluang Usaha Pertanian Modern Yang Menjanjikan

1. Menaman Sayuran Organik

sayuran-organik

Banyak sekali wacanya mengenai bisnis pertanian yaitu menaman sayuran dan buah secara hidroponik atau yang bisa kita sebut organik.

Memang betul, masyarakat yang sekarang semakin pintar dan modern akan lebih memilih untuk hidup sehat dengan cara mengkonsumsi sayuran yang sedikit atau bahkan tidak terkandung bahan perstisida di dalamnya.

Dengan kata lain memilih sayuran dan buah buahan yang di tanam secara hidroponik. Dengan kondisi ini kita sebagai pelaku bisnis seharusnya bisa melihat pasar yang sangat jelas. Untuk pemasaran jenis usaha ini bisa berbagai macam, mulai dari kalangan bawah, menengah sampai yang tertinggi.

Kita mau mendapatkan untung yang bagaimana itu adalah pilihan. Karena usaha sayuran dan buah organik sangat di butuhkan dari mulai yang ingin hidup sehat sampai perusahaan pangan seperti careffore, hipermart, dan sebagainya.

Kelamahan dari usaha ini adalah, Anda harus terlatih dalam mengelolanya. dan biaya yang di butuhkan di awal akan lebih tinggi. tetapi ya itu tadi, pasar anda luas, jadi anda bebas memilih keuntungan yang seperti apa.

2. Menjual Alat dan Mesin Pertanian

mesin-pertanian

Usaha ini pasti memerlukan modal yang sangat besar ? salah !

Anda bisa menjalankan usaha ini dengan bermodalkan sebuah alat komunikasi dan alat pembayaran, biasanya visa.

Di indonesia sebenarnya adalah prospek yang sangat luar biasa untuk menjual alat pertanian, karena kebutuhan bahan pokok yang kian meningkat, tapi malah banyak petani yang pindah profesi menjadi pegawai atau mencari usaha lain.

Opini saya, mungkin karena mereka belum tau prospek apa yang akan mereka dapatkan ketika fokus dan mau mengusahakan bisnis pertanian. Kondisi ini yang akan menjadi peluang untuk anda jika ingin berbisnis alat pertanian.

lalu caranya gimana kalo mau bisnis alat pertanian tapi tidak ada modal ?

Jadilah reseller produk pertanian. Jadi gini, buatlah data terlebih dahulu mengnai alat pertanian yang ingin anda jual, lalu carilah toko offline maupun online yang menjual alat pertanian. Ajak mereka bekerja sama, bahasa kerennya anda menawarkan diri sebagai marketing lepas. Setelah menemukan toko yang menyediakan alat pertanian yang anda inginkan, buatlah gambar, atau foto yang sekiranya sama dengan produk yang anda jual.

Kalau anda mau cepat mendapat pembeli, anda harus mau jual secara offline dengan metode metode kreatif anda. contoh toko online yang lengkap dan bisa di percaya adalah alibaba.com cari produk nya di situ, dan jual.

Masalahnya kan banyak petani indonesia yang belum mampu membeli alat semahal itu

Mungkin sekarang iya, tapi di masa yang akan datang, petani maupun pemerintah Indonesia memerlukan alat pertanian yang canggih untuk bisa memenuhi kebutuhan bahan pangan yang sangat banyak.

3. Menjual Bibit

bibit-jabon-min

Bisnis ini sepertinya sudah sangat sulit di jalankan untuk pemula, tapi anda tidak usaha kwawatir, dengan anda menjadi ahli dalam metode pembibitan anda akan mampu bersaing di perusahaan-perusahaan besar lainnya, dengan cara, tetap tekun dan fokus serta usaha yang keras dalam menjalani uasaha ini. entah itu petani kecil, sedang dan perusahaan pertanian pun memerlukan bibit untuk lahan pertanian mereka. Prospek anda sangat luas.

Buatlah bibit yang berkualitas baik dan gunakan cara pemasaran yang ekstrim agar produk anda dapat dengan cepat terkenal di pasaran.

4. Menjual Pupuk

pupuk-subsidi

Jenis usaha ini akan laku keras jika di daerah anda atau pasar anda adalah perkebunan. Yang namanya perkebunan, tidak mungkin kalau hanya membeli pupuk 1kg saja, munkin bisa jadi 1 ton itu paling sedikit.

Tapi jika anda berada di pemukiman perkotaan tidak ada salahnya juga menjual pupuk tanaman hias, dan jangan salah, walaupun yang mebeli hanya 1,2,3,4,5 kg saja tapi harganya mahal. Selain menjual pupuk, anda juga bisa menyisipkan pelengkapan pertanian seperti alat semprotnya, alat penyiram dan sebagainya. Baca juga bisnis ternak kambing

Bisnis pupuk adalah bisnis yang menguntungkan, apalagi jika anda mampu membuat produknya sendiri, bisa di katakan perusahaan pupuk. Selain membuka lapangan pekerja buat orang lain, saya yakin bisnis ini akan bertahan lama jika anda kreatif dan mampu membaca peluang pasar yang tertarget. Karena para petani indonesia akan terus menggunakan pupuk sebagai vitamin tanaman mereka.

5. Budidaya tanaman hias

tanaman-brokoli-kuningn

Beberapa tahun terakhir ini, tanaman hias mengalami penurunan harga jual. Lalu kenapa saya memasukkan bisnis ini kedalam peluang usaha yang menjanjikan ? alasannya simple. Opini saya, di masa yang akan datang orang orang pintar akan membutuhkan tanaman hias sebagai pelengkap hunian mereka, dan proses membuat tanaman hias bisa di sambi dengan kerjaan lain. Jika anda hanya membuat tanaman hias 10 – 20 mungkin gak terasa hasilnya, tapi jika anda mampu membuat 1000 lebih tanaman hias maka akan terasa hasilnya di masa yang akan datang.

Memang susah proses pembuatannya, tetapi dalam menggarap tanaman hias tidak memerlukan banyak waktu, walaupun membutuhkan waktu yang sangat panjang, mudeng maksudnya kan

Jadi gini dalam 1 hari kita tidak full time akan menggarap tanaman hias itu, dan di waktu luang kita bisa melakukan bisnis lain tanpa mengganggu proses pertumbuhan tanaman hias. Karena membuat tanaman hias membutuhkan waktu yang sangat lama, agar tidak boring, jadi slow aja dalam mengurusnya, tapi tetap harus teliti, agar hasil tanaman hias berkualitas.

6. Mengelola 1 produk pangan

jagung-manis

Disini saya menyarankan anda, bagi yang baru mau memulai usaha pertanian mengenai bisnis tentang pangan, entah itu sayuran, rempah rempah, makanan pokok dan lain lain, usahakan untuk fokus 1 produk dulu saja. misal yang di butuhkan di Indonesia adalah kedelai, Kerjakan bisnis itu dengan fokus sampai anda mempunyai brand, sehingga lambat laun anda tidak perlu mencari pasar lagi, tetapi pasar yang akan mencari anda. Bisnis ini memang membutuhkan waktu yang lumayan panjang karena membangun sebuah nama tidak semudah membalikkan telapak tangan. Baca juga usaha modal kecil

7. Penanaman Rempah Rempah

budidaya-lada-hitam

Rempah rempah masih menjadi peluang usaha yang sangat bagus untuk kalian. Karena rempah rempah dari Indonesia sangat banyak diminati oleh negara lain. Jadi peluang untuk mendapatkan pembeli sangat besar.

Banyak sekali jenis rempah rempah yang dapat anda jadikan sebagai bisnis, yang sangat tampak adalah bawang merah. Bisnis rempah rempah juga akan dijadikan sebuah usaha yang sangat menguntungkan bagi si pengelola bisnis karena semua kalangan bisa masuk mulai dari kalangan kecil, menengah sampai kalangan atas seperti restaurant mahal.

8. Menyediakan Jasa Perantara Ekspor Bahan Pertanian

Jasa-ekspor-impor

Belum banyak orang yang mampu menjadi jasa perantara eksportir bahan pertanian. Ini adalah peluang anda untuk memasuki bisnis ini, yang anda butuhkan adalah kemampuan komunikasi dan jiwa pemimpin yang baik. Dalam hal ini anda bisa mulai belajar perantara ekspor dan impor di importir.org

9. Membuat TIM Konsuktan Untuk Para Petani

tim-penyuluh-pertanian

Sepertinya saat ini masih sedikit dan bahkan belum tampak adanya perusahaan yang berjalan di bidang penyuluhan pertanian, entah itu dari pemerintah maupun masyarakat, mungkin ada tapi tidak kelihatan atau malah tidak jalan. Baca juga peluang usaha ternak lele

Jika anda mampu membuat tim penyuluh pertanian, ini adalah sebuah keuntungan besar bagi anda, pasalnya di negeri tercinta kita Indonesia ini membutuhkan banyak orang yang dapat memerikan penyuluhan kepada petani kita agar menghasilkan produk dengan kualitas dan kuantitas yang baik.

Selain anda dibayar sebagai tim penyuluh, anda juga bisa memasukkan barang dagangan anda mulai dari poin nomor 1 sampai nomor 8 di atas. Jadi keuntungannya dobel. Untuk para sarjana pertanian, jangan hanya mau bekertja di departemen atau perusahaan sahaja, seharusnya ilmu yang di dapatkan bisa di jadikan ide peluang usaha sebagai tim penyuluh yang profesional.

Dan untuk yang tidak sekolah dan ingin menggeluti bisnis ini, anda hanya perlu pengalaman dan komunikasi yang lancar.

Itu saja wacana mengenai peluang usaha pertanian modern yang menjanjikan. Semog bermafaat. Salam sukses pertanian Indonesia

Baca Juga Artikel Ini:

Tabel di bawah adalah informasi kebutuhan pokok Indonesia pada 4 April 2016

tabel harga kebutuhan poko nasional

Untuk mendapatkan harga kebutuhan poko terupdate silahkan akses link Profil Ekonomi

me

Saya sangat suka dengan teknologi, bisnis, dan pertanian. Kegiatan saya saat ini adalah penulis lepas dan melanjutkan studi dibidang Agribisnis.

Mungkin Anda juga menyukai

33 Respon

  1. Yos Syafendro berkata:

    Wah, BudidayaTanaman Hias boleh tuh gan. Soalnya sekarang orang2 butuh tanaman hias untuk menghias rumahnya, apalagi orang yang suka tanaman, khususnya sih ibu-ibu rumah tangga.

  2. Danu berkata:

    Iya gan, tapi sekarang sampai 2 tahun kedepan kemungkinan harga akan lebih murah, mudah mudahan setelah tahun 2018 tanaman hias harga akan kembali tinggi

  3. saliman berkata:

    saya lebih tertarik untuk menjual bibit unggul gan, modal kecil tapi menjanjikan

  4. Danu berkata:

    Iya gan, tetapi anda juga harus berpengalaman dan meberi inovasi, gar bibit yang anda jual bisa bersaing

  5. seovenia berkata:

    bidang pertanian memang jangkauannya luas.. dan sangat penting juga untuk dijadikan mata pencaharian dan terbukti masyarakat indonesia penghasilannya mayoritas di bidang pertanian

  6. Abdul Rahman berkata:

    Tertarik buat jd petani kebetulan ane punya tanah kosong sepetak,,,tapi msih cari2 ide nih mau d tanamin apa.

  7. me berkata:

    Tanamanin tanaman rempah aja pak, jahe, kunir atau cabai

  8. Wirosableng berkata:

    ngapain bingung pak..
    tanam ganja aja
    modal kecil untung besar…
    panennya juga gak lama
    kwkwkwkwkwkwkwk

  9. me berkata:

    Wah anda memberi solusi yang buruk mas wirosableng. Semoga bisnis yang dijalankan tetap lancar

  10. ahmad yani berkata:

    kalau saya berpendapat semua peluang usaha di bidang pertanian itu sangat luar biasa tinggal kita lihat bangsa pasar yang mana laku dan mudah di jual
    yang pasti semagat untuk melakunya

  11. me berkata:

    Benar sekali pak, hidup pertanian 🙂

  12. NYOMAN ARTAWAN berkata:

    Mas klw cabe dengan bawang merah bagusan mana ? klw cabe bagusnya cabe apa ?

  13. abangzero berkata:

    sekalian numpang tanya neh agan agan…kebetulan tanah ortu nganggur neh kondisi awal ditanami padi, sampai kejadian beberapa tahun lalu karena sekitar sawah sudah mulai banyak pemukiman, tanah tercemar limbah rumah tangga dan panen kurang memuaskan. Ada solusi ga agan2 supaya bisa dimanfaatkan kembali?

  14. me berkata:

    Di buat kebun hidroponik saja mas. mungkin teman teman lain ada yang mau menambahkn 🙂

  15. me berkata:

    Sepertinya semua bagus mas, tergantung minatnya dan lahan yang dimiliki. hampir semua cabai tidak cocok di musim hujan, namun saya merekomendasikan untuk jenis cabai rawit, karena bisa lebih tahan dari pada cabai merah biasa. Sekedar info, mungkin mas nyoman bisa pergi ke situs agromaret com untuk mendapatkan pencerahan lebih mendalam.

  16. Yang paling penting dalam menjalankan usaha apapun bentuk dan jenisnya adalah,niat,tekad yang kuat,sabar dan terus di tekuni dan juga mencintai apa pekerjaan kita! semua proses di atas wajib di lakukan jika kita ingin bisa meraih sukses dalam berwirausaha. Terima kasih atas informasi yang di tuliskan dalam artikel ini,dan salam sukses untuk semuanya saja!!!

  17. Peluang Bisnis berkata:

    Saya tertarik bisnis pertanian, khususnya rempah-rempah, dan hasil rempah-rempahnya dijual keluar negeri. Di ekspor gitu.. Untuk ekspor sendiri apa aja ya yang harus kita persiapkan. Mohon bantuannya..

  18. vera dwi alfina berkata:

    ok………………………………

  19. ayamdadarbandung berkata:

    bener tuh gan,,,tanaman hias memang sangat menjanjikan,kebetulan dulu saya jualan tanaman hias di daerah tanggerang sebelum sekarang beralih ke bidang kuliner Ayam Goreng Unik dan kembali menetap di Bandung.

  20. ari berkata:

    Saya mau buka usaha bawang merah, itu kira kira modalnya berapa mulai dari harga bawang dari petani dan juga ongkos kirim.?

  21. yassin berkata:

    koreksi sedikit ya gan, sayuran atau tanaman yang di tanaman dengan sistem hidroponik tidak bisa disebut sayuran organik karena nutrisi yang digunakan untuk hidroponik berbahan utama bahan kimia alias anorganik, 😀

  22. Soe berkata:

    Minat tanaman hias…bikin adem dan mnambah keindahan.

  23. me berkata:

    Terimakasih mas koreksinya,

  24. i-Bisnis berkata:

    Saat ini usaha dalam bidang pertanian mulai perlahan ditinggalkan karena dianggap pekerjaan kuno dan kurang bergengsi, padahal hasil pertanian merupakan kebutuhan primer dan tidak akan pernah tenggelam, bahkan berpeluang menjadi sumber daya yang paling dicari dimasa depan.

  25. Trik berkata:

    Salam kenal. Bagaimana dengan jasa merentalkan alat2 pertanian? Kira2 kt hrs punya budget brp yah? Dan kira2 brp lama modal kt kembali?

  26. deki firmansyah berkata:

    bagus nih ide-idenya. Layak dicoba untuk tahap awal belajar buat kebutuhan hubi dulu kayaknya kalau udah berhasil baru dijadiin bisnis hehehe

  27. me berkata:

    Kalau punya modal sendiri, bisa kulakan atau bila ingin kerjasama hubungi saja penyedia alat alat pertanian. Untuk penyewaan alat juga bisa dilakukan, untuk bali modal tergantung dari usaha bapak menjalankan bisnisnya.

  28. riko berkata:

    saya punya pengalaman nanem pengen mandiri cuma ga punya lahanya hemmm

  29. Anonim berkata:

    saya sekarang lg menanam kapulaga,

  30. sudibyo berkata:

    Saya mau buat event organizer bidang pertanian , khusus nya penjualan kapling plus tanaman produktif Plus manajemen pengolahannya.
    Adakah yang berminat bergabung

  31. Herry berkata:

    Yang berminat buat usaha jasa tanam padi pake transplanter bisa hubungi saya.herry 087817575389

  1. 12 Desember 2015

    […] Peluang Usaha […]

  2. 20 Desember 2015

    […] Baca juga : peluang usaha pertanian modern […]

Tinggalkan Balasan ke me Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.