Peluang Usaha Menjanjikan Budidaya Buah Naga Merah Organik

Budidaya Buah Naga Merah Organik – Sudah lama sekali lebih dari 10 hari saya tidak update artikel di blog danuadji.com.

Ada beberapa alasan yang tidak bisa dijelaskan dengan kata kata. Oke langsung saja saya membuat arikel ini berdasarkan hasil observasi tugas kuliah dan beberapa referensi dari jurnal yang mengatakan bahwa usaha budidaya buah naga merah sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Sebelum membahas lebih dalam, saya akan katakan walaupun budidaya buah naga ini sangat menjanjikan modal awal yang diperlukan juga lumayan besar.

Artikel ini tidak menjelaskan bagaimana teknik dan cara budidayanya. Bisa anda baca artikel mengenai cara budidaya buah naga samapi berbuah.

Agar tidak penasaran baca artikel ini hingga selesai dan anda dapat memutuskan apakah peluang usaha ini cocok atau tidak untuk anda jalankan. Baca juga Majukan peternakan indonesia bersama ilmuhewan.com

26-29 Mei 2016 saya melakukan observasi di 3 petani yang sama sama menanam buah naga. Dari observasi tersebut, saya menemui 3 petani yang masing masing memiliki 2 hrktar, 1000 meter dan 300 meter lahan buah naga. Sangat disayangkan saya melakukan observasi hanya di daerah dataran rendah.

Namun, hasil observasi yang saya lakukan ini, sudah sangat membantu saya dan meyakinkan bahwa peluang budidaya buah naga sangat menjanjikan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas labih pada petani pertama yaitu pak suroso, karena beliau memiliki lahan terbanyak yaitu 2 hektar.

Petani lain juga hampir sama hasilnya, tetapi paling maksimal adalah milik pak suroso, dengan perawatan yang ekstra yaitu 3 jam sehari untuk berkeliling dilahan buah naganya. Untuk sekedar membersihkan dan melihat perkembangan buah naga.

Bisa anda lihat pada gambar

peluang bisnis buah naga

Gambar tersebut adalah lahan dari petani bapak suroso

“1 tiang buah naga bisa menghasilkan sampai 40 buah dalam 1 musim, 100% menggunkan pupuk kotoran sapi, kambing dan ayam” pak suroso sebagai pemilik lahan.

Sukses budidaya buah naga

Untuk membudidayakan buah naga tidaklah sulit, karena pada tanaman buah naga tidak memiliki penyakit yang membuat petani pusing. Penyakit yang ada dalam buah naga hanya lobang kecil, dan itu jika dibiarkan akan membusuk sendiri dan tinggal dipangkas saja. Jika batang buah naga menguning itu hal yang wajar, bisa jadi kekurangan unsur hara atau pupuk.

Cara perawatannya pun cukup mudah, hanya membersihkan rumput yang berada disekitar tiang buah naga, memotong batang buah naga yang sudah terlalu panjang, dan meyiramnya 5 hari sekali jika musim kemarau.

Itu saja sebenarnya.

Peluang usaha budidaya buah naga

Pada budidaya buah naga merah pak suroso menghasilkan sampai 40 buah setiap tiangnya, jika 1 buahnya berat normal adalah 500 gram, maka 1 tiang buah naga milik pak suroso menghasilkan 20kg/musim. Harga normal buah naga merah dari petani yang hanya menggunakan pupuk oraganik adalah 15 ribu/kg. Harga tidak untuk semua daerah.

Jika seorang petani memiliki 100 tiang maka profit yang didapatkan adalah 30 juta/musim, dari hasil panen sebanyak 2 ton. Cara untuk menambah omset dari buah naga ini adalah tambahkan jumlah tiang buah naga. Semakin banyak jumlah tanaman buah naga yang ditanam seorang petani buah naga, maka profit yang dihasilkan juga semakin banyak.

Lalu berapa modal awal untuk 1 tiang. Modal awal menanam buah naga bukanlah modal yang murah, namun dalam waktu satu tahun anda sudah dapat memanen, walaupun hasilnya belum maksimal. Dan tanaman ini bisa bertahan hingga 20 tahun. 20 tahunitu hanya batang pkoknya saja, untuk batang yang berada dibagian atas masih bisa digunakan. Bisa dikatankan jenis tanaman ini bisa hidup terus menerus.

Modal yang dikeluarkan pak suroso untuk membangun 1 tiang buah naga adalah 120 ribu. Berikut adalah detailnya

  1. Tiang buah naga berupa cor semen
  2. 4 batang buah naga
  3. Cor keliling untuk garis pemberian pupuk bisa lihat pada gambar
  4. Serta cor tambahan untuk menopang batang buah naga yang berad dibagian atas bisa lihat pada gambar

Untuk saat ini, mungkin bisa lebih mahal, karena perbatang bibit buah naga merah harganya sudah mencapai 25 sampai 35 ribu.

Jika dibandingkan dengan umur buah naga yang tidak akan habis dan hasil yang didapatkan juga lumayan, itu tidak menjadi masalah.

Tips agar sedikit mengirit untuk mengelola bisnis buah naga. belilah beberapa batang buah naga, dan budidayakanlah sampai banyak, mungkin bisa 1 atau 2 tahun, kita sudah bisa mendapatkan bibit buah naga banyak namun tidak memerlukan uang yang banyak.

Itulah analisis peluang usaha menjanjikan budidaya buah naga merah oraganik

Agar hasil buah naga yang dikelola itu lebih maksmal, gunakan pupuk tambahan dari nasa.

Apakah artikel ini dapat membantu anda menemukan solusi membuka peluang usaha? Jika iya berikan komentar dan saran pada saya sebagai penulis.

Artikel peluang usaha ini dicari dengan kata kunci :, budidaya buah naga, harga buah naga perkilo, prospek bisnis buah naga, turunan budidaya buah naga.

loading...

8 Comments

  1. Hayat

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *