Cara Mudah Mengajarkan Anak untuk Membaca

Cara mudah mengajarkan anak untuk membaca, tidak sedikit dari orang tua yang sulit untuk mengajarkan anak untuk membaca. Kali ini saya ingin memosting artikel tentang masalah membaca pada anak.

Membaca adalah sebuah kebutuhan yang seharusnya dimiliki oleh semua manusia, karna dengan membaca maka manusia dapat memaksimalkan nikmat yang diberkan tuhan kepada kita, dengan membaca juga, kita dapat mengetahui ilmu yang lebih baik.

cara cepat membaca

Terkadang membaca adalah salah satu hal tersulit dalam mendidik anak, mungkin karena anak belum siap atau memang orang tua yang memaksakan.

Sebenarnya anak itu akan nurut kepada orang tua jika

  1. Orang tua mampu mengerti apa yang diinginkan oleh anak
  2. Orang tua mampu memenuhi apa yang dibutuhkan anak
  3. Orang tua yang pintar dalam berkomunikasi kepada anak

Jadi cara mengajarkan anak untuk semangat dalam belajar membaca bisa dikatakan sumber magnetnya adalah komunikasi yang baik terhadap anak. Selain itu ada metode metode lain agar anak tidak bosan untuk terus mebaca.

Berikut ini adalah beberapa tipsnya agar anak bisa mebaca:

  1. Gunakan metode belajar dengan menggunakan gambar, anak anak akan lebih suka jika objek belajarnya adalah sebuah gambar. Cari topik gambar kesukaan si anak. Dan dari sinilah anda juga harus bisa mengarahkan bagaimana anak harus mewujudkan mimpinya dari gambar yang disukai.
  2. Bacakan sebuah dongeng yang menarik, tetapi hal ini tidak terlalu efektif, jika anak anda adalah anak yang aktif dan efeknya akan cepat bosan dan tidak akan suka dengan diceritakan dongeng lagi, solusinya mengganti dongen yang ingin anda ceritakan menjadi sebuah film yang dapat ditonton oleh anak dengan subtitle yang membantu anak mendengar dan terpacu untuk membaca dengan bantuan subtile pada video
  3. Ajak anak untuk mencapaui target tertentu dan berilah hadiah. Hadiah disini bisa berupa apa saja, mungkin sebuah buku baru atau sebuah pelukan. Hadiah sangat penting untuk memacu pertumbuhan anak agar lebih cepat.
  4. Gunakan bantuan alat elektronik seperti smartphone. Dalam smartphone anda bisa mengajarkan berbagai hal terhadap, anak tapi posisinya sekarang anda ingin mengajarkan membaca. Gunakan metode aplikasi yang baik, yang bisa mengajarkan anak untuk aktif membaca. Tetapi tetap di pantau dan dibatasi jika menggunakan cara ini. Contoh aplikasinya bisa anda klik link ini belajar membaca

Dari kelima tips diatas tidak semua akan berhasil jika orang tua memaksakan kehendak, tidak mengetahui mood si anak dan terlalu lama dalam belajar. Jangan pernah membuat belajar menjadi hal yang menakutkan untuk anak. Buatlah menjadi sebuah kebutuhan. Jadilah orang tua yang hebat dalam mendidik anak.

Baca Juga Staedtler pensil terbaik untuk anak

Sekian artiket saya tentang cara mengajarkan anak membaca. Jika bermanfaat jangan sungkan untuk membagikan kepada teman dan keluarga. Baca juga artikel saya yang lain tentang Cara mendidik anak dengan baik

 

loading...

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *