Cara Merawat Sofa Rusak

Cara Memilih Sofa Yang Nyaman dan Awet

Bagaimana cara memilih sofa yang awet? Hal ini tentunya perlu perencanaan yang baik. Sofa biasanya digunakan sebagai pelengkap ruangan dalam waktu yang cukup lama. Anda tentunya harus cermat dalam memilih perabotan rumah ini karena hal ini juga yang menentukan ruangan itu menjadi nyaman atau tidak.

Cara Merawat Sofa Rusak

Untuk memilih sofa yang tahan lama, Anda bisa melihat ulasan terkait beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam memilih sofa.

Ruang Penempatan Sofa

Sebelum membeli, tentukan dulu ruangan dimana sofa tersebut akan diletakkan. Apakah untuk ruang kerja, ruang keluarga, atau ruang tamu. Beda tempat, juga akan membedakan bentuk yang bisa Anda pilih untuk Jasa Cuci Sofa tersebut.

Jika untuk ruang tamu, maka sofa yang elegan serta bisa menampung banyak orang, seperti sofa sejajar, sofa yang berbentuk menyudut, dan setengah lingkaran adalah sofa yang cocok untuk ruang tamu. Sedangkan untuk ruang keluarga, Anda harus memilih sofa yang lebih kokoh karena biasanya akan digunakan untuk keluarga beraktivitas, dan jangan lupa untuk memilih bantalan yang enak pula. Untuk ruang kerja, sebaiknya memilih sofa yang lebih kecil, bisa memilih yang untuk dua orang saja.

Ukuran Ruangan Yang Tepat

Selanjutnya adalah mengukur ruangan dengan tepat. Sebelum membeli sofa, Anda perlu mengukur ruangan serta panjang dan lebar dari ukuran sofa yang Anda inginkan, hal ini agar sofa yang akan Anda pilih sesuai dengan ruangan Anda.

Jika digunakan untuk ruang keluarga, maka Anda juga menghitung jumlah anggota keluarga Anda, agar bisa memilih panjang sofa yang pas ketika semua keluarga Anda berkumpul dalam sebuah ruangan. Jika di ruang kerja, mungkin hanya butuh yang lebih sedikit.

Jenis Kerangka Sofa

Tips selanjutnya adalah memilih jenis kerangka yang tepat. Pada umumnya, kerangka sofa menggunakan kayu asli yang sudah dikeringkan agar tidak lembab. Ada juga yang menggunakan plywood, yakni papan berlembar-lembar seperti kayu asli, namun harganya jauh lebih murah dan kekuatannya juga masih kuat sofa dengan kerangka kayu asli.

Ada juga sofa yang kerangkanya dari besi. Memang kerangkanya cukup kuat, namun hal itu juga punya kelemahan. Besi tidak mudah dibentuk seperti halnya kayu, sehingga kerangka besi dari sofa biasanya tak punya banyak model dan variasi.

Jenis Kain Pelapis Sofa

Jenis kain pelapis ini juga menentukan harga dari sebuah sofa. Pada umumnya, para konsumen akan dibuat untuk memilih 2 jenis kain pelapis, yakni kulit asli atau kain peda dimana material tersebut juga memberi nuansa yang berbeda juga. Sofa berlapis memberikan kesan yang kasual. Sementara sofa dengan pelapis kulit asli biasanya akan memberikan kesan klasik dan mewah.

Jenis kain pelapis yang berkualitas adalah kulit asli, karena lebih elastis dan nyaman untuk diduduki. Warna kulit juga tidak cepat pudar seperti warna pada kain. Namun terbilang cukup mahal. Jenis pelapis kulit sintetis harganya lebih murah, namun kenyamanannya tentunya di bawah kulit asli.

Warna dan Motif Sofa

Warna dan motif sofa juga perlu Anda pilih untuk menyesuaikan dengan tema ruangan Anda. Hal ini sangat penting jika untuk mempercantik ruangan Anda. Untuk ruang tamu, jika di ruangan sudah ada karpet bermotif maka sebaiknya memilih sofa yang polos dengan warna yang lembut. Jika ingin sentuhan yang unik, bisa meletakkan motif pada bantalan sofa.

Garansi Kerusakan Sofa

Beberapa toko perabotan rumah biasanya asuransi untuk produk yang dijualnya. Hal ini mengantisipasi jika ada kerusakan pada produk tersebut. Jika sofa cukup mahal, maka tanyakan juga apakah ada asuransinya. Hal ini agar Anda terhindar dari kerugian jika sofa yang baru Anda beli terdapat kerusakan, dan bisa ditukar kembali.

Itulah cara memilih sofa yang nyaman dan tahan lama. Bagi Anda yang ingin membeli sofa, perhatikan 6 hal tersebut agar kondisi rumah Anda bisa menjadi lebih indah. Untuk membuat sofa anda tetap nyaman, anda juga bisa mencuci sofa diĀ Cuci Sofa Jakarta

4