Cara Membuka Bisnis Laundry Modal Kecil Menguntungkan

Peluang Bisnis Usaha Laundry Kiloan – Aktifitas masyarakat yang kian hari kian meningkat, mencucikan pakaian kepada orang lain adalah salah satu hal untuk menghewat waktu. Setelah melakukan kegiatan dari pagi hari hingga sore pastinya banyak orang yang lelah dan butuh istirahat. Melihat kesempatan itu saya ingin menuliskan yang membahas bagaimana cara membuka usaha laudry kiloan agar untung. Bisnis itu tidak melulu sesuatu yang berwujud barang. Saat ini bisnis berbasis jasalah yang banyak diminati orang dan pasarnya kian hari kian meingkat dan menjanjikan.

Untuk awal membuka jasa usaha laundry pakaian juga tidak terlalu membutuhkan modal yang banyak, hanya bermodalkan mesin cuci dan setrika serta keterampilan menggosok, dan melipat baju sudah cukup. Namun agar usaha laundry anda tampil lebih profesional pastinya harus lebih dari pada itu. Untuk membuat jasa laudry anda lebih profesional tidak usah terburu-buru. Sedikit demi sedikit.

cara membuka usaha laundry kiloan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membuka jasa laundry kiloan. Usaha laundry merupakan usaha yang memberikan layanan jasa. Agar pelanggan tetap memakai jasa yang anda berikan, pelayanan yang dieberikan haruslah bagus dan memuaskan. Selain faktor di atas ada beberpa faktor lagi yang harus diperhatikan

Faktor yang perlu diperhatikan saat membuka laundry

Harga

Masyarakat indonesia masih sangat sensitif dengan yang namanya harga. Untuk itu anda harus lebih cermat dalam menentukan harga agar laundry anda laku kepada konsumen yang anda targetkan. Tiap daerah harga yang ditawarkan juga berbeda. Intip harga yang ditawarkan oleh pesaing lalu terapkan diusaha anda. Untuk awal promosi usaha laudry, berikan diskon diskon yang menarik, namun jangan sampai anda rugi terlalu jauh dari diskon yang anda berikan untuk konsumen

Hasil Cucian

Hasil cucian juga masih menjadi nilai penting dari konsumen.  Konsumen tidak akan pernah mau jika hasil cucian yang mereka serahkan kepada jasa laundry hasilnya lebih buruk dari hasil cucian sendiri. Tidak hanya hasil bersih dari cucian namun juga dari segi gosokan dan cara melipat. Konsumen akan sangat senang apabila barang yang ia miliki menjadi lebih bagus dan rapi.

Tidak ada kesalahan

Untuk menghindari kesalahan, perlunya rencana dan persiapan yang bagus. Kesalahan yang biasanya terjadi pada laundry-laundry pada umumnya adalah soal waktu. Usahakan semaksimal mungkin pekerjaan yang sudah anda jadwalan sesuai dengan deadline. Kesalahan kedua yang juga biasanya terjadi adalah tertukarnya barang konsumen satu dengan konsumen yang lainnya. Sebaiknya pelaku usaha laundry harus menghindari masalah tersebut.

Tempat / Lokasi usaha

Tempat yang tepat dapat menentukan ramainya bisnis laundry anda. Tidak hanya untuk bisnis laundry, namun bisnis bisnis offline lainnya sangat ditentukan oleh lokasi. Pemasaran bisnis offline yang paling mujarab adalah lokasi yang strategis dan sering dilewati oleh banyak orang. Biasanya lokasi yang cocok adalah persimpangan, dekat kampus, dan dekat kontrakan.

Segera rekrut karyawan

Agar bisnis anda cepat berkembang, mintalah bantuan orang lain untuk mengurusi bisnis laundry anda. Pilih karyawan yang mampu bekerjasama dengan baik. Bekerja sendiri mungkin akan menghemat uang anda beberpa ratus ribu, namun bila bekerja dibantu dengan karyawan, maka omset anda akan bertambah jutaan rupiah.

Bisnis laundry adalah bisnis real 100% offline. Kendala dari bisnis adalah munculnya pesaing baru, karena bisnis ini tergolong sangat mudah.  Agar bisnis yang dijalankan terus maju, maka pemilik bisnis harus mampu berinovasi lebih jauh. Mungkin bisa memainkan harga, tampilan hasil laundry yang bagus dan sebagainya. Jika perlu pemilik laundry menyediakan jasa antar jemput untuk memudahkan konsumen dalam menggunakan jasa laundry nya. Ini juga termasuk salah satu pemasaran yang belum banyak digunakan oleh jasa laundry saat ini.

Baca juga : Contoh peluang usaha dengan modal 1 jutaan

Cara membuka usaha laundry kiloan

  1. Yang harus disiapkan pertama kali adalah tempat untuk mencuci pakaian. Tempat mencuci pakaian tidak harus berlokasi dipersimpangan atau yang sudah saya sebutkan tadi. Tempat yang saya maksud diatas adalah tempat yang bisa dijangkau konsumen untuk memesan jasa yang sedang anda jalankan. Ini juga salah satu cara untuk menghemat biaya sewa tempat. menyewa lokasi dipersimpangan dengan ukurang yang luas juga memerlukan biasaya sewa yang mahal. Jadi siapkan tempat untuk mencuci pakaian konsumen. apabila memungkinkan juga bisa juga dijadikan satu dengan outlite usaha laundry anda.
  2. Mempunyai minimal 1 mesin cuci yang berukuran sedang dan perlengkapan lainnya seperti sabun cuci dan pewangi pakaian. Jika ingin membuka jasa laundry jangan sampai anda mencuci menggunakan tangan, karena itu akan membuang buang waktu dan hasil cucian juga malah belum tentu bersih. Mesin cuci digunakan untuk mencuci pakaian konsumen.
  3. Miliki minimal 1 setrika. opsi ini harus dimiliki jika ingin berusaha laundry. Kecuali jika usaha laundry anda memang tidak melayani setrika.
  4. Promosi, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah promosi. Untuk promosi awal usaha laundry bisa dilakukan dari mulut kemulut. Jangan lupa pasang spanduk atau baner dilokasi usaha laundry anda dijalankan. Agar pejalan kaki, motor dan mobil tahu, bahwa outlite yang anda dirikan adalah sebuah jasa laundry.

Selanjutnya adalah jalankan bisnis anda dengan serius dan tekun. Mudah mudah bisa yang anda tekuni berkembang dengan cepat dan baik. Sekian artikel tentang cara membuka usaha laundry kiloan.

Artikel peluang usaha ini dicari dengan kata kunci :, prospek usaha laundry, bisnis laundry dikota, cara memulai bisnis laundry, bisnis laundry yang sukses, usaha laundry modal kecil.

loading...

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *