Bagaimana Hak Cipta Website Melindungi Konten Anda

Bagaimana Hak Cipta Website Melindungi Konten Anda

Anda mungkin sudah akrab dengan hak cipta atau copyright. Anda biasanya akan menemukannya di bagian bawah sebagian besar situs web dan aplikasi.Namun, jika Anda tidak memiliki pengalaman membuat atau menggunakan hak cipta website, maka prosesnya akan tampak sedikit membingungkan. Tanpa hak cipta, konten website Anda akan mudah dicuri. Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah hak cipta website. Berikut ini pembahasannya untuk Anda.

Mengapa Saya Harus Menggunakan Hak Cipta Website?

Ketika Anda meluncurkan sebuah website, secara otomatis akan diberikan hak cipta. Hak cipta mengartikan bahwa orang lain perlu meminta izin untuk menggunakan konten Anda agar tidak disalahgunakan. Dengan hak cipta, Anda memiliki bukti nyata kepemilikan atas konten situs Anda. Ini memungkinkan Anda untuk lebih mudah menegakkan tindakan hukum jika sesuatu terjadi dengan website Anda. Dengan hak cipta website, Anda memiliki landasan hukum lebih besar dan meningkatkan perlindungan terhadap orang-orang yang memiliki niat buruk.

Jenis Konten Apa yang Dilindungi Hak Cipta?

Ketahuilah bahwa Anda tidak akan dapat memperoleh hak cipta setiap aspek dari situs WordPress. Anda akan mendapatkan hak cipta konten dengan tulisan dan gambar yang Anda buat sendiri. Namun sayangnya dengan teknologi yang bergerak cepat, sulit bagi UU hak cipta untuk melindungi setiap aspek kekayaan intelektual Anda. Secara umum, elemen-elemen berikut dari situs Anda akan dilindungi oleh undang-undang hak cipta:

  • Konten asli apa pun yang ditulis sendiri di situs Anda.
  • Kode asli apa pun (yang kepemilikannya Anda miliki juga)
  • Foto-foto yang Anda ambil sendiri
  • Karya seni atau gambar asli
  • Konten video tersemat apa pun yang Anda buat

Ketika Anda menggunakan WordPress seperti tema, plugin Anda, atau konten buatan pengguna seperti komentar akan ikut dilindungi. Ada kemungkinan bahwa seluruh situs Anda dapat dilindungi hak cipta, tetapi Anda harus dapat membuktikan bahwa setiap aspek situs memang asli. Dimulai dari basis kode Anda hingga konten dan gambar bahkan tata letak website.

Metode Melindungi Hak Cipta Website Anda

Ada beberapa metode yang dapat diterapkan untuk melindungi hak cipta website Anda. Anda tidak perlu menerapkan semuanya, tetapi sebagian besar cukup sederhana dan akan sangat meningkatkan perlindungan hak cipta Anda. Dengan mengikuti langkah dibawah ini, Anda dapat mempelajari cara menjaga konten tetap terlindungi.

Tambahkan Pemberitahuan Hak Cipta ke Situs

Saat memasang tema WordPress, Anda mungkin akan melihat simbol hak cipta di bagian bawah blog Anda. Hampir semua tema dilengkapi dengan pemberitahuan hak cipta. Misalnya, ini adalah hak cipta di bagian bawah blog IDwebhost, yang menggunakan hosting WordPress:

Hak Cipta IDwebhost

Anda dapat mengubahnya sesuai dengan nama website Anda sendiri dalam pengaturan tema blog, atau dengan menyesuaikan footer itu sendiri. Anda dapat menjaga agar pesan hak cipta Anda tetap sederhana. Yang Anda perlukan adalah simbol hak cipta, tanggal ketika situs web Anda dibuat atau tahun berjalan, dan nama atau nama perusahaan Anda. Pembaharuan hak cipta tersebut harus Anda perbaharui selalu untuk menjaga relasi website Anda tiap tahunnya.

Tambahkan Halaman Ketentuan Penggunaan

Pada WordPress, Adna bisa menggunakan plugin. Salah satu yang paling sederhana disebut Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi Otomatis. Plugin ini akan membuat secara otomatis setiap persyaratan layanan dan halaman kebijakan privasi yang diperlukan. Anda kemudian dapat menyematkan halaman-halaman ini ke situs Anda melalui penggunaan shortcode. Ada juga versi premium dari plugin ini yang akan menawarkan perlindungan hak cipta tambahan, dan hal-hal seperti mempertahankan kepatuhan GDPR.

Daftarkan Hak Cipta Anda

Anda secara otomatis memiliki perlindungan hak cipta untuk konten apa pun yang Anda buat. Namun, jika Anda ingin mengajukan tindakan hukum, Anda harus melakukan masing-masing hak cipta setiap posting blog. Untuk melakukan ini, Anda harus mengirimkan dan mengajukan aplikasi ke Kantor Hak Cipta. Anda dapat mengirimkan pendaftaran untuk beberapa posting blog sekaligus melalui kantor hak cipta. Jika Anda memiliki blog yang sangat aktif, maka Anda mungkin ingin melakukannya beberapa kali per tahun. Mungkin ini memang membutuhkan biaya, tetapi untuk blog yang menghasilkan uang, biaya minimal untuk perlindungan maksimal yang diberikan.

Lindungi Konten Situs WordPress Anda

Salah satu cara hebat untuk melindungi konten Anda adalah dengan menjadikannya tidak mudah disalin. Anda mungkin pernah melihat ini sebelumnya ketika Anda mencoba mengeklik kanan di situs web dan Anda tidak dapat benar-benar menyalinnya. Biasanya, ini karena mereka menggunakan plugin WordPress. Anda memiliki beberapa cara berbeda untuk melakukan hal ini, yang melindungi konten visual sekaligus konten tertulis apa pun.

Melindungi Gambar Blog

Jika Anda mengunggah gambar atau karya seni asli ke web, maka sangat disarankan untuk menambahkan watermark. Cara paling efektif untuk melakukannya adalah dengan menambahkannya ke dalam perangkat lunak pengeditan gambar yang Anda sukai. Ada plugin dan alat online yang dapat Anda gunakan, tetapi biasanya, ini akan menghasilkan gambar yang kurang bersih.  Dengan begitu jika ada yang mencoba mencuri gambar asli Anda, Anda memiliki watermark untuk membuktikannya. Selain itu, memiliki foto dan karya seni watermark membuat orang tidak mungkin mencurinya. Hal lain yang ingin Anda lindungi adalah hotlinking gambar. Ini tidak hanya berarti bahwa orang lain menggunakan gambar Anda, tetapi mereka juga menggunakan sumber daya server Anda. Ketika seseorang membuat hotline gambar, mereka menanamkan gambar menggunakan tautan ke file asli (di server Anda). Kemudian ketika halaman dimuat, mereka menggunakan sumber daya server Anda untuk memuat gambar.

Melindungi Dari Scrapers

Fitur Yoast SEO Untuk Melindungi RSS

Scrapers adalah kutukan eksistensi bagi banyak pemilik situs web. Anda telah bekerja keras untuk membuat konten hebat, hanya untuk menemukan seluruh salinan posting dan menempel ke situs web lain.  Konten ini biasanya dicuri dari umpan RSS Anda. Salah satu cara terbaik untuk melindungi ini adalah menggunakan fitur bawaan Yoast SEO seperti yang digunakan IDwebhost. Dengan plugin ini, Anda dapat menambahkan asal usul konten. Ini membantu membuktikan kepemilikan konten Anda.

Ingatlah bahwa website merupakan properti intelektual bisnis Anda, sehingga perlu dilindungi. Semoga artikel tersebut dapat membantu Anda menentukan metode apa yang dibutuhkan untuk hak cipta website Anda.

1

No Responses

Write a response