Agribisnis

Agribisnis Itu Jurusan Kuliah Yang Gajinya Besar, Gak Percaya ?

Written by Danu Adji · 2 min read >

Jurusan Kuliah Yang Gajinya Besar – Judul yang membuat pengunjung bikin gemes, apa benar kalau kuliah di jurusan agribisnis itu gajinya besar? Ya tidak dong namanya juga kuliah, bukan kalian yang digaji tapi malah kalian yang bakal bayar uang kuliah. Tapi kenapa saya membuat judul seperti itu? apakah ini hanya pencitraan agar kalian ngeklik artikel ini dipencarian google? Bisa jadi begitu, namun dibalik itu semua, saya ingin berbagi cerita yang saya dapatkan dari guru. Selain mendapatkan cerita saya juga mendapatkan beberapa pembuktian bahwa kuliah dijurusan agribisnis memiliki banyak sekali hal hal penting untuk bisnis di kehidupan yang pas sekali di masyarakat Indonesia yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Banyak yang meremehkan kuliah dijurusan ini.

Tulisan ini saya buat berdasarkan beberapa cerita dari dosen dan alumni dari jurusan agribisnis. Sebelum lanjut kepada inti yang sebenarnya tidak terlalu penting tapi juga berguna untuk pembaca, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu agribisnis. Agribisnis adalah sebuah bisnis yang bergerak dibidang bertanian atau yang mendukung segala jenis bentuk kegiatan pertanian, mulai dari hulu hingga hilir, Penyebutan “hulu” dan “hilir” mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain). Atau yang saya pelajari adalah, agri adalah pertanian, dan bisnis adalah usaha komersial artinya kegiatan yang berusaha untuk mendapatkan keuntungan. Jadi kalau digabungkan, agribisnis itu usaha pertanian yang harus menghasilkan untung. Untuk lebih jelasnya kalian bisa mencari informasi di google, mungkin rujukan bisa dari wikipedia. Selain dari wikipedia ada banyak sekali para ahli yang mengartikan apa itu agribisnis.

Dari pengertiannya saja bisa kita pahami bahwa kuliah di agribisnis sama saja kuliah bisnis. Agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran.

Atau sampai sini kalian sudah paham apa maksud dari judul yang saya buat?

agribisnis-jurusan-kuliah-gajinya-besar
gambar google

Jadi ceritanya kurang lebih seperti ini:

Banyak orang beranggapan bahwa kuliah agribisnis hanya akan bertemu dengan sawah, maupun jenis pertanian pada umumnya. Ada yang lebih parah lagi bilang seperti ini, “mau jadi petani ngapain harus kuliah”. Saya adalah mahasiswa yang pernah gagal, dulu saya adalah seorang mahasiswa jurusan teater dan pindah ingin menjadi pak tani di jurusan agribisnis. Ketika saya berhasil masuk jurusan agribisnis tidak hanya teman, orangtua saya pun juga mengatakan demikian, karena pada saat itu saya keluar dari jurusan teater orang tua tidak tahu. Saya merasa minder ketika itu, karena sering di katain mau jadi tani kok kuliah, saya minder karena dulu saya belum tahu agribisnis itu apa. Ya taunya pelajarannya tentang budidaya sama bertani disawah, sama seperti orang awam. Setelah saya mengetahui agribisnis itu seperti apa, saya memberanikan diri untuk menuliskan artikel ini dan saya ingin kalian membaca.

Sory kalau bahasanya acak acakan, bukan penulis handal.

Apa yang membuat saya yakin dengan agribisnis, ketika kita membicarakan bisnis dibidang pangan, siapa yang tidak senang coba, hampir setiap hari manusia membutuhkan yang namanya makanan dan semua itu disediakan oleh pertanian. Salah satu peran orang agribisnis adalah seperti pengertian diatas strategi memperoleh keuntungan. Kalau udah menguasai strategi memperoleh keuntungan mau gaji berapa coba? apalagi yang kita upayakan adalah produk pangan yang hampir seluruh manusia dibumi membutuhkan makanan dari pertanian.

Seperti yang sudah dijelaskan di agribisnis ada dua aspek yang dapat dikelola yaitu aspek hulu dan aspek hilir. Apa itu aspek hulu dan aspek hilir? Aspek hulu sendiri bisa dijelaskan secara singkat yaitu hal yang berhubungan dengan input, seperti pembibitan input produksi, sarana produksi dan lain lain, sedangkan untuk hilir bisa diartikan pada distribusi, pengolahan dan pemasaran.

Bila kita mampu mengelola satu saja komoditi entah itu di hulu maupun hilir, ditambah lagi dengan visi yaitu memperoleh keuntungan, pasti pendapatan kamu bakal lebih besar ketimbang mereka yang bekerja dikantoran.

Ini bukan tentang gaji lagi ya, dimana kamu harus menunggu sampai tanggal 1 baru menerima gaji. Ini soal bisnis, mau pendapatan kecil ataupun besar, bisa kamu dapatkan melalui bidang agribisnis. Karena saya yakin tidak semua orang dapat memulai bisnis sendiri atau mandiri, kuliah dijurusan argibisnis juga memiliki prosepek kerja yang mungkin tidak bisa anda anggap remeh. Hampir seluruh universitas di Indonesia, menargetkan mahasiswa jurusan agribisnis menjadi seorang manager. Bedanya orang kuliah agribisnis dengan orang yang langsung bisnis di agribisnis apa? Kalau kamu kuliah di agribisnis, kamu akan bisa menjadi seorang dosen, seorang yang lebih kredibel dimata orang awam dan bila memutuskan ingin bekerja, banyak sekali lembaga yang akan menerima kamu.

Baca: Prospek Kerja Kuliah Agribisnis

Agribisnis itu jurusan yang luar biasa, jadi kalian jangan malu menjadi anak pertanian. Agribisnis bukan untuk disawah. Minimal agribisnis adalah petani berdasi. Jangan lupa untuk melihat artikel terkait mengenai prospek kerja agribisnis yang sudah saya tuliskan di artikel sebelumnya. Dan bisa anda buka dengan link berwarna biru diatas.

Agribisnis itu jurusan yang luar biasa, jangan malu menjadi mahasiswa agribisnis, karena peluang sangat sangat lebar sampai akhir hayat. Karena semua manusia membutuhkan produk pertanian. Apapun yang saya tulis disini adalah murni tanggung jawab saya. Salam pertanian Indonesia. Agribisnis adalah jurusan serta pekerjaan yang gajinya sangat besar.

110 Replies to “Agribisnis Itu Jurusan Kuliah Yang Gajinya Besar, Gak Percaya ?”

  1. keren,,,, awal masuk kuliah jurusan agribis aq juga agak upset karena omongan orang2 sekitar rumah yahh yg meremehkan. “Mau jadi petani aja pake kuliah” . Tapi sampai di sini ternyata agribisnis tuh menarik banget..dan lumayan melelahkan dengan berbagai praktikumnya,.. hehe

    Sosek… Jaya..
    😀

  2. Maksih kak, saya tambah teguh pada pendirian saya yg semoga setelah saya lulus sma saya bisa masuk agribisnis IPB
    Amiin…

    1. Setau saya agribisnis itu masuk ke fakultas Pertanian. Untuk IPB mungkin bisa langsung ditanyakan dengan stafnya yang bekerja disana mbak / mas.

  3. Inilah perjuangan,, semakin orang memandang remeh..semakin besar tuhan membawa kita pada kesuksesan..Saya jurusan agribisnis dipoliteknik..banyak perusahaan besar yang menawarkan gaji besar untuk jurusan ini.kebetulan saya bekerjadisalah satu perusahaan bumn.perusahaan yg membutuhkan jurusan agribisnis seperti pt smart agro..ptpn..astra agro..wilmar,petrokimia’pt pupuk indonesia holding company,rajawalinusantara’kementrian pertaniann,kementrian perikanan dan masih banyak lainnya perusahaan besar laiinya baik bumn maupun swasta..tetap semangat dan bangga mari memajukan negara agraris ini..menjadi pemuda bangsa yg cerdas memajukan sektor agribisnis untuk perekonomian bangsa.amin..

    1. Kalau boleh tau, politeknik mana? D3 apa d4? Sebernnya saya bingung ambil d3 atau d4, mngkin masnya tau kalau untuk kerja lebih dicari yang mana?

    1. Tergantung orangnya mbak, kalau misal punya keahlian dan bisa berkomunikasi dengan baik, untuk mencari pekerjaan itu bukan hal yang sulit.

    1. Mungkin bisa cek akreditasi di ban pt mbak, disana bisa melihat kualitas akreditas jurusan di masing-masing universitas. Saat ini saya sedang menempuh kuliah agribisnis di UMY, yang sudah memiliki akreditasi A. Untuk agribisnis luar negri saya bisa coba di jepang dan saya rekomendasikan kais kyoto-u. Ini link web nya http://www.kais.kyoto-u.ac.jp/english/

  4. pak apakah agribisnis ini jurusan ipa?
    nah nantikan pas ujian jurusan ipa ada pilihan apa harus pilih biologi?

    1. Tidak harus mas, ips maupun SMK jurusan komputer bisa masuk ke agribisnis. Tidak juga mas, agribisnis sangat sedikit sekali pembahasan mengenai budidaya, kebanyakan hal yang akan dipelajari tentang bisnis dalam pertanian nya.

  5. Sama min waktu ane bilang ke ortu mau kuliah jurusan pertanian (agribisnis) eh malah jawabannya kayak gitu katanya mau jadi petani gak usah kuliah. Tapi berkat agan ane tetap mau ambil agribisnis. Makasih gan motivasinya

    1. Banyak mas/mbak. Agribisnis S1 ada 8 semester, setiap 1 semester minimal ada 7 pelajar dan max 10 pelajaran.

  6. Alhamdulillah saya makin yakin dg agribisnis soalnya dari dulu pgn kerja tentang pertanian gitu tapi berdasi?

  7. Ka kalo pengen punya tempat perkebunan gitu dan jago memasarkan mending agroteknologi atau agrobisnis?

  8. Setelah membaca artikel ini. Saya semakin yakin memilih jurusan di pertanian. Meski banyak yg menganggap masa depannya ga cerah lah. Mati kutu lah. Ngurus sawah lah. Bismillah UB amin. Doa in kak ?

  9. Saya baru cek snmptn dan lulus dibidang agribisnis di PTN yg saya pilih, awalnya saya agak ragu dan masih bimbang mau ambil atau tidak, tapi setelah mencari tau apa itu agribisnis dan peluang kerjanya saya jadi yakin tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yg telah diberikan Allah? Alhamdulillah

  10. kira kira kemampuan yg harus lebih dimiliki anak agrobisnis apa ya, soalnya saya anak smk takut nnti ga bisa ngimbangi sam pelajaranya

    1. Agro dan agri sama sama membangun pertanian, kalau mau ke bisnis silahkan pilih agri, namun kalau ingin mengembangkan teknologi pertanian silahkan ke agro. Terimakasih sudah berkunjung

  11. Kak izin tanya, saya kan dari jurusan IPS sdngkan untuk agribisnis masuk ke SAINTEK . Pastinya soal” untuk SBMPTN tentang IPA semua . Sya ga ngerti. Jdi gimana tuh kak? Jdi pesimis. Tpi pngen banget ke Agribisnis

    1. Tergantung universitasnya dek, kalau untuk di UMY (Universitas Muhammadiya Yogyakarta) Itu kisaran 5 jutaan untuk 1 semester

  12. Kak danuadji lulusan agribisnis?
    Kerja dimana kak?
    Kebetulan saya lulus snmptn 2017 Agribisnis USU
    Bimbang kali ngambilnya
    Mohon diberi motivasi kak?

  13. Kak kalau yang dari Ipa snmptn bisa ambil agribisnis gak? Agribisnis Itu biology apa kimia? Atau ekonomi?

  14. Hahaha ane dari SMK jurusan tkj ngambil agribisnis 😀 yg penting yakin aja dan saya tidak pernah minder atau ragu apapun itu 🙂

  15. Kan saya lulus sbmptn di jurusan agribisnis di unri. Ortu saya bilang itu jurusan tak berkualitas. Jurusan peluang kerja sempit. Lulus kuliahnya nanti nganggur. Saya langsung nge-down dan putus asa.

    1. Tanyakan sama ibumu, yang cocok kamu di jurusan kuliah apa, lalu suruh orangtuamu untuk bantu sampai masuk. (Kalau saya si gitu) Saran dari saya Gunakan waktu luang kuliah untuk menggali potensi diri kalau tidak mau bekerja dengan orang lain, atau setidaknya setelah lulus kuliah nanti gak bakal bingung mencari pekerjaan. Percaya atau tidak, pekerjaan setelah kita lulus kuliah itu paling susah adalah mencari pekerjaan.

      Peluang pertanian itu besar, kalau memang mau lanjut ke agribisnis, jangan kaget kalau hampir semua orang kaya indonesia itu bisnisnya dari produk olahan hasil bumi / pertanian

      Hanya motifasi (mau lanjut atau mau ngikuti orang tua itu pilihan)

      Jangan galau mas tetap semangat saja!!!

  16. terima kasih admin saya semakin kuat untuk melanjutkan pendidikan jurusan agribisnis , karena saya lulusan dari SMK jurusan budidaya perikanan , sempet bingung sih nglanjutin kuliah dngn prodi apa.. tapi tekat saya ingin terus di dunia yg saya lakukan sekarang , ditambah membaca web ini jadi tambah semangat

  17. Saya tahun ini masuk agribisnis, bapak saya sangat mendukung. Tapi sebagian keluarga tidak mendukung ada yg bilang nanti selesai kuliah kebanyakan nganggur ngga ada kerja.
    Bagaimana kak apakah itu benar?

    1. Orang nganggur bukan karena jurusan yang salah mbak, tapi orangnya itu sendiri (mungkin kurang melatih kemampuan atau skill waktu kuliah). Kalau mau jadi karyawan, jurusan agribisnis kurang direkomendasikan. Karena prospek lapangan pekerjaannya sedikit untuk S1 hanya ini https://danuadji.com/prospek-kerja-kuliah-agribisnis/

      (Mohon maaf saya bukan konsultan mbak, artikel yang saya bagikan ini hanya opini saja saja) dimana saat ini saya adalah mahasiswa agribisnis universitas muhammadiyah yogyakarta

  18. Kak kalw waktu di SMA jurusan IPA: trus kalw kuliah di jurusan agribisnis itu cocok atau tidak

  19. Tulisannya Sangat membantu, sangat memotivasi sy untuk ambil prodi agribisnis d Unmuh jember,

  20. Alhamdulillah dengan baca artikel ini membuat saya jadi merasa senang dgn jurusan yg saya luluskan ( agribisnis ). terimahkasih buat yg nulis artikel ini. sngat membantu

  21. min, saya kan anak ipa nnti kalo masuk agribisnis tuh bisa mengimbangi gak pelajaran ekonomi nya??belajar ekonomi nya dari dasar atau gak ?

  22. Kak, aku tahun dpn udh kuliah nh aku jurusan IPA klo gw masuk ipb bagus kh ngmbil agribisnis atau UB kak?

  23. kak saya dari jurusan ipa mau ngambil agribisnis,tu kira2 ssh gk sih kak belajarnya??
    kan kalo agribisnis kebanyakan belajar ekonomi???

  24. Kak kalau kita mau bisnis pertanian, sedangkan di indonesia wilayah untuk pertanian sudah menjadi perrhotelan, mall atau apa yah tdk membangun pertanian.
    Jadi gemana kita mau berbisnia jika lahan saja masih kurang ?

  25. Makasih buat artikelnya kak 😁 saya yang maba jadi yakin buat kuliah di jurusan ini, alhamdulillah saya keterima di universitas riau

  26. mas,stelah saya baca tulisan ini saya jadi lebih yakin mau ambil jurusan ini,kebetulan mau ambil magister agribisnis di Univeristas Muhamadiyah Malang,cuma khawatir sama tes masuknya aja karena saya S1 nya tehnik kimia,ada saran gak buku2 yang mesti saya pelajari untuk masuk nanti trim’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *